Profil pembentukan karakter anak Ditinjau dari pola asuh orang tua

Sadriwanti Arifin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui profil pembentukan karakter anak ditinjau dari pola asuh orang tua. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Tolitoli. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah angket dan peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga macam tipe pola asuh anak yakni pola asuh pesimif, pola asuh otoriter, dan pola asuh otoritatif. 1) Pola asuh permisif akan membentuk karakter anak dengan perilaku negatif, anak cenderung rendah diri, nakal, memiliki kemampuan sosialisasi yang buruk, kontrol diri buruk, salah bergaul, kurang menghargai orang lain, dan lain sebagainya baik ketika kecil maupun sudah dewasa. 2) Pola asuh otoriter, akan membentuk karakter anak dengan perilaku anak seperti ini biasanya tidak bahagia, paranoid/selalu berada dalam ketakutan, mudah sedih dan tertekan, senang berada di luar rumah, benci orangtua, dan lain-lain. Namun di balik itu biasanya anak hasil didikan orang tua otoriter lebih bisa mandiri, bisa menjadi orang sesuai keinginan orang tua, lebih disiplin dan lebih bertanggungjawab dalam menjalani hidup. 3) Pola asuh otoritatif, akan membentuk karakter anak yang positif. Anak yang diasuh dengan teknik asuhan otoritatif akan hidup ceria, menyenangkan, kreatif, cerdas, percaya diri, terbuka pada orangtua, menghargai dan menghormati orangtua, tidak mudah stres dan depresi, berprestasi baik, disukai lingkungan masyarakat dan lain-lain.


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, hal 5. http:/puskurbuk.net.

Badingah, S. (1993). Agresivitas Remaja Kaitannya dengan Pola Asuh, Tingkah Laku Agresif Orang Tua dan Kegemaran Menonoton Film Keras. Program Studi Psikologi Pascasarjana, UI. Depok.

Fraenkel, Jack R. 1977. How to Teach about Values: An Analytical Approach, Englewood, NJ: Prentice Hall.

Hasanah, Uswatun. 2016. Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak. Elementary. Vol. 2, Edisi 2, 72 - 82.

https://pks.psikologi.unair.ac.id/membangun-peradaban-bangsa-dengan-pendidikan-berkarakter-moral/. (diakses pada tanggal 4 Mei 2018)

Jeanne Ellis Ormrod. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, (terj) Wahyu Indianti. Jakarta: Erlangga.

Samani, Muhlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Subianto, Jito. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 2, 331-354.

Surayin. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Zubaedi. 2001. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: PT. Kencana .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat:

Kampus II STKIP Andi Matappa Pangkep

Jalan Lamaruddani No 70. Pangkajene Kab Pangkajene dan Kepulauan Prop. Sulawesi Selatan.

CP. 085299850907 (Yusuf) 082192221324( Hasba) dan 085299898201 ( Ilham)

Email: ilhambakhtiar86@gmail.com