Membangun Fondasi Karakter Anak Dalam Keluarga

Andi Agustan Arifin

Abstract


Dalam upaya membentuk warga negara yang baik maka setiap keluarga harus menyadari bahwa awal masa depan anak tercipta dalam keluarga melalui pendidikan karakter yang konsisten dan berkesinambungan. Keluarga memiliki peran sentral dan sangat strategis dalam pembentukan karakter manusia. Peletakan dasar fondasi berada dalam keluarga, sketsa masa depan dirancang, benih kebaikan dan keburukan disemaikan. Dalam lingkungan keluarga anak terlahir dengan membawa fitrahnya serta menerima pendidikan untuk pertama kalinya. Hal yang mendasari sehingga keluarga menjadikan pilar utama yang paling kuat dalam pendidikan karakter yakni keluarga yang memegang peran pendidikan pertama kali.

Apabila pondasi pendidikan dibangun dengan kuat maka pembangunan pendidikan selanjutnya akan mudah dan berhasil dengan baik, sebaliknya jika pondasi pendidikan lemah dan berantakan, sulit kiranya membangun pendidikan selanjutnya. Dalam mendidik anak, orangtua sebagai pendidik memilih pola asuh yang sesuai dalam mempengaruhi perkembangan anak, serta membimbingnya kepada kehidupan yang layak dan bermartabat. Proses pengasuhan selalu bersifat dinamis dalam mencari bentuk atau pola asuh yang lebih efektif dan baik. Model pola asuh yang diterapkan oleh orangtua terhadap anaknya akan menentukan keberhasilan pendidikan karakter mereka dalam keluarga.

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif saja, akan tetapi lebih berorientasi pada proses pembinaan potensi yang ada dalam diri anak, dikembangkan melalui pembiasaan sifat-sifat baik yaitu berupa pengajaran nilai-nilai karakter yang baik.


References


Agus Wibowo, 2007. Malpraktik Pendidikan. Yogyakarta: Genta Press.

Armstrong, Thomas. 2005. Setiap Anak Cerdas. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, Singgih D. 2001. Menyikapi Periode Kritis Pada Anak dan Dampaknya Pada Profil Kepribadian tahun 2001 dalam Psikologi Perkembangan Pribadi dari bayi sampai lanjut usia. Editor: S. C. Utami Munandar. Jakarta: UI Press.

Komalasari, K. 2010. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn Melalui Contextual Teaching Learning. ‚ÄĚPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa (nation and Character Building): Refleksi, Komitmen dan Prospek. Laboratorium PKn, UPI Bandung.

Koesuma, A, Doni, 2007. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global . Jakarta : Grasindo,

Muhadjir, N (2000) Ilmu pendidikan dan perubahan sosial: Teori pendidikan pelaku sosial kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin

Syantut, Khalid Ahmad, 2006. Tarbiyah Askariyah: mencetak Generasi Militan, terjemahan Taufiq Khudlori setiawan dan Sodiq Khalidi, Solo: Era Intermedika

Vintoni, Aridem dan Etri Jayanti, 2009. Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Anak di Lingkungan Keluarga. (online) www.integral.sch.id, diakses pada tanggal 1 Mei 2018

Widyaningsih, S Titik, dkk 2014. Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Karakter pada Siswa SMP Dalam Perspektif Fenomenologis (Studi Kasus di SMP 2 Bantul). Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Volume 2, Nomor 2.(181-195).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat:

Kampus II STKIP Andi Matappa Pangkep

Jalan Lamaruddani No 70. Pangkajene Kab Pangkajene dan Kepulauan Prop. Sulawesi Selatan.

CP. 085299850907 (Yusuf) 082192221324( Hasba) dan 085299898201 ( Ilham)

Email: ilhambakhtiar86@gmail.com