Pengaruh Iklim Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri Se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Aisyah Nursyam, Andi Trisnowali MS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dan pengaruh iklim keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah “ex-post facto” yang bersifat korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone tahun pelajaran 2017/2018 yang diambil dengan menggunakan Proporsional Random Sampling yaitu sebanyak 262 dari populasi sebanyak 826. Instrumen yang digunakan: (1) skala iklim keluarga dan (2) tes prestasi belajar matematika kelas VII SMP. Data dianalisis dengan statistika deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan karakteristik distribusi skor dari masing-masing variabel dan analisis statistik infrensial dengan menggunakan analisis regresi untuk pengujian hipotesis.

Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone yaitu: (1) iklim keluarga berada dalam kategori tinggi yaitu sebesar 44,5 dari skor ideal 65 dan (2) prestasi belajar matematika dalam kategori sedang dilihat dari rata-rata hasil prestasi yaitu sebesar 64,92 dari skor ideal 100; (3) Iklim keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Besarnya pengaruh langsung iklim keluarga terhadap regulasi diri siswa adalah 35% dengan signifikan sebesar 0,02<0,05.

 


References


Azwar, Syaifuddin. 2012. Skala Pengukuran Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

_______________. 1996. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Matematika SMP/MTs

Kelas VII . Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Dimyati,&Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta

Goleman, Daniel. 2003. Emotional Intellegence (terjemahan). Jakarta: PT GramediaPustakaUtama

Herwilis, dkk. 2013. Hubungan Lingkungan Keluarga Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA N 12 Pekanbaru Kelas XI IPA Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013.(Online), (http://repository.unri.ac.id/handle/123456789/4061.html, Diakses 14 November 2013).

Kristiawati. 2013. Pengaruh Konsep Diri Matematika, Kecemasan Belajar Matematika, Iklim Keluarga, dan Kecerdasan Emosional terhadap PrestasiBelajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN Di Sungguminasa. Tesis.Tidak diterbitkan. Makassar: Univeristas Negeri Makassar.

Lestari, dkk. 2012. Pengaruh prakerin, prestasi belajar, lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa. Jurnal Economic Education Analysis Journal. 1 (2) Oktober 2012: 1-6

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Murtafiah. 2013. Pengaruh kecerdasan emosional, polah asuh orang tua, dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Pare-Pare. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: UniversitasNegeri Makassar.

Noor, Juliansyah. 2011. Metode Penelitian: Sripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Nurhidayah.2013. Pengaruh Konsep diri dan Iklim Keluarga melalui motivasi Berprestasi, Sikap, Konsep, dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI IPA Jurusan IPA SMAN di Kota Palopo. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Ormrod, Jeanne E. 2008(a). Psikologi Pendidikan: Membantu SiswaTumbuh dan Berkembang, Edisi keenam(Jilid I). Jakarta: Erlangga

Panuntun, Sugih. 2013. Pengaruh Kepedulian Orang Tua terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas. (Journal) JurnalpendidikanEkonomi IKIP Veteran Semarang.2013.1(1), 92.

Raehana, Sitti. 2013. Pengaruh Regulasi Diri, Motivasi Berprestasi, Iklim Keluarga, dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Makassar. Tesis.Tidak diterbitkan. Makassar: Univeristas Negeri Makassar.

Santrock, John W. 2010. PsikologiPendidikan. Jakarta: Kencana

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta

Soemanto, Wasty. 203. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RinekaCipta

Sugiono. 2012. Metode Pelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru.Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Tiro, M A, Arbianingsih. 2011. Teknik Pengambilan Sampel. Makassar: Andira Publisher.

_______________.2012. PengembanganInstrumenPengumpulan Data Penelitian.Makassar: Andira Publisher.

Violita, Fanny. 2013.Pengaruhlingkungankeluargadanfasilitasbelajarterhadapprestasibelajarsiswakelas x administrasiperkantoran di smkn 1 payakumbuh. (online), (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/39.html, diakses 27 November 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat:

Kampus II STKIP Andi Matappa Pangkep

Jalan Lamaruddani No 70. Pangkajene Kab Pangkajene dan Kepulauan Prop. Sulawesi Selatan.

CP. 085299850907 (Yusuf) 082192221324( Hasba) dan 085299898201 ( Ilham)

Email: ilhambakhtiar86@gmail.com