Pengaruh Latihan Regulasi Diri Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Man Polman

Saifuddin Saifuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan latihan regulasi diri dalam Bimbingan Kelompok terhadap  kedisiplinan siswa di MAN Polman. (2) untuk mengetahui gambaran sebelum dan setelah pemberian latihan regulasi diri dalam Bimbingan Kelompok terhadap  kedisiplinan siswa di MAN Polman. (3) untuk mengetahui Apakah ada pengaruh latihan regulasi diri dalam Bimbingan Kelompok terhadap  kedisiplinan siswa di MAN Polman?

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian yang digunakan disini adalah Pre-Experimental Desings, yang akan mengkaji pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Regulasi Diri (Self Regulation) terhadap peningkatan kedisiplinan siswa di MAN Polman. Desain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design.

Hasil Penelitian ini adalah (1)Tingkat kedisiplinan  siswa di MAN Polman sebelum diberi  latihan regulasi diri berada pada kategori rendah yaitu sesuai dengan nilai rata-rata skor angket diperoleh sebesar 58,25, dimana nilai rata-rata tersebut berada pada interval 48- 68 yang berarti rendah dan setelah diberi latihan regulasi diri berada pada kategori tinggi yaitu sesuai dengan skor angket diperoleh nilai rata-rata sebesar 95,75 , dimana nilai rata-rata tersebut berada pada interval 90-110 yang berarti sangat tinggi.(2) Latihan regulasi diri pada siswa di MAN Polman dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan dan diikuti oleh 16 siswa yang dikategorikan sebagai sampel penelitian. (3) Terdapat pengaruh tingkat kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah diterapkan latihan regulasi diri. Artinya terdapat pengaruh yang positif penggunaan latihan regulasi diri terhadap tingkat kedisiplinan siswa di MAN Polman.


Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S. 1983. Teknik Pemahaman Individu (Teknik Non Tes). Makassar: FIP UNM. Hal: 26

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.Ekosiswoyo, Rasdi & Rachman, maman. 2000. Manajemen Kelas. Semarang: IKIP Semarang Press. Hal. 268

Amin, A. 1975. Etika. Jakarta : Bulan Bintang.

Andrews, J. 1996. "Discipline", dalam Shelia Ellison and Barbara An Barnet Ph.D, 365 Ways to help your Children Grow, Sourcebook, Naperville : Illinois.

Anshari, H.M. 1982. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Arikunto, S. 1993. Menejemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta : Rineka

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi V). Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad, M. 2004. Psikologi Industri Edisi Ke-3. Jakarta : Liberti Cipta. Hal: 66

Bandura, A. 1994. "Self Efficacy" dalam V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of Human Behavior (Vol. 4, pp.71-81). New York: Academic Press. 1 Desember 2006.

Barbara and Shelia. 1996. 365 Ways to help your Children Grow. Sourcebook. Naperville : Illinois.

Cushway, B. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Draver, J. 1986. Kamus Psikologi. Jakarta : Bina Aksara.

Fachrudin, S. 1989. Administrasi Pendidikan. Malang : Tim Publikasi FIB IKIP.

Gie, T.L. 1988. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studio.

Gunarsah, S. 2000. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta : PT. Gunung Mulia

Hadi, S. 2000. Statistik, Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset

Hurlock E. 1990. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga. Hal. 84

E 2005. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.Indrakusuma, A. 1993. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

, E. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Juntika Nurihsan, Achmad, 2003: Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung:Refika Aditama. Hal: 31

Kartono, K. 1992. Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis. Bandung : Mandar Maju

Lembaga Ketahanan Nasional. 1997. Disiplin Nasional. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Lynton. 1984 Pelatihan dan pengembangan Tenaga Kerja. Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo. Hal: 26

Papalia, O. 2001. Human-Development. New York : McGraw-Hill.

Pidarta, M. 1995. Peranan Kepala Sekolah pada Pendidikan Dasar. Jakarta : Grafindo.

Poerwadarminto, S. 1994. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Prayitno. 1994. Layanan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia. Hal: 70

Purwanto, N. 1993 Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Remaja Rosda Karya. hal: 236.

Rusdinal. 2005. Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Hal. 136

Sastrapraja. 1987. Kamus Istilah Pendidikan dan Umum. Surabaya : Usaha Nasional.

Sastropoetra, S. 1998 Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Bandung : Penerbit Alumni.

Schaefer, C. 1996. Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplin Anak. Jakarta : Mitra Utama.

Schunk & Ertmer. 1999. Self Regulatory Process During Computers Skill Acquisition: Goal and Self Evaluative Influence. Journal of Educational Psychology, 91 (2), 251-260.

Siegel,S.1985.Statistik Noparametrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT Gramedia

Soegeng. 2004. Dasar-Dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Semarang. IKIP PGRI Semarang Press.

Subari. 1994. Supervise Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Belajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pedekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Hal: 111

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pedekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Hal: 49

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pedekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Hal: 133

Sukardi, D. 2002. Pengantar Pelaksanaan BK di Sekolah. Jakarta: PT.Bina Aksara. Hal: 48

Sumarno, D. (1998). Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah . Jakarta : C.V. Jaya Abadi.

Tiro, M. 2004. Dasar-dasar Statistika. Makassar: UNM. Hal: 242

Toenlioe, A. 1992. Teori dan Praktek Pengolahan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi. Hal: 111

Zimmerman, B. J. & Timothy. 2006. “Adolescent”' Development of Personal Agency: The Role of Self efficacy Beliefs and Self Regulatory Skills. Connecticut : lAP-Information Age Publishing, Inc.

Yusransyah, M. 2005. Mengurangi Pelanggaran Disiplin Siswa Melalui.Hal. 15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat:

Kampus II STKIP Andi Matappa Pangkep

Jalan Lamaruddani No 70. Pangkajene Kab Pangkajene dan Kepulauan Prop. Sulawesi Selatan.

CP. 085299850907 (Yusuf) 082192221324( Hasba) dan 085299898201 ( Ilham)

Email: ilhambakhtiar86@gmail.com