PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD INPRES SUDIANG

wahyullah Alannasir

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui motivasi belajarsiswa kelas IV pada pelajaran IPA SD Inpres Sudiang denganPenerapan media animasi, (2) Mengetahui Apakah ada pengaruh Penerapan media animasi terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Sudiang. Jenis Penelitian yang digunakan yaitutrue eksperiment design dengan desain Pretes Posttes Equivalent Groups Design.Teknik pengumpulan data melalui angket motivasi belajar observasi dan wawancara. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 70 orang di SD Inpres SudiangTahun Ajaran 2017. Teknik penyampelan yang digunakan adalah Random sampling, setelah dilakukan perhitungan besaran sampel menggunakan rumus diperoleh 59,57 namun untuk menyeimbangkan sampel setiap kelompok maka dibulatkan menjadi 60 orang siswa. Selanjutnya ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 30 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 orang siswa.. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Sudiang sebelum Penerapan media animasi berada pada kategori rendah, setelah Penerapan media animasi berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori rendah ke kategori sedang.Penerapan media animasi berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Inpres Sudiang

Keywords


Media Animasi dan Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Agoes, Dariyo. 2013. Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fllanio, Jeli Fransius. 2013. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (Online),http://jurnal.repository.upi.edu,Diakses 20 Oktober 2017).

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, B.Uno. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kamrianti, Ramli. 2011. Kelebihan dan Kekurangan Media Animasi. Media Animasi, (Online), (http://kamriantiramli.wordpress.com, Diakses 21 Oktober 2017).

Khaeruddin dan Sudjiono,E.H. 2005. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar.

Maharuddin, Mangewa.. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Mudyahardjo, Redja. 1998. Pengantar Pendidikan. Bandung: PT. RajaGrafindo Persada.

Muzzam. 18 Mei 2012. Motivasi Belajar: Pengertian, Ciri-ciri, dan Upaya. Motivasi belajar (Online), (https://muzzam.wordpress.com, Diakses 23 Oktober 2017).

Nining, Purwaningsi. 2014. Media Pembelajaran Audio, Visual, dan Animasi. Media Pembelajaran, (Online), (http://niningpurwaningsih18.blogspot.com, Diakses Oktober 2017).

Rahadi ,Aristo.2004.pemilihan dan pengembangan media Pembelajaran.jakarta :Depdiknas.

Ridwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Rusman., Deni, K., & Cepi, R. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadiman d.k.k .2009. Media Pendidikan.jakarta :PT.Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sudrajat, Akhmad. 11 September 2012. 18 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tentang Pendidikan, (Online), (https://akhmadsudrajat.wordpress.com, Diakses 26 Desember 2014).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, Umar & Sulo La L.S. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Umriani.2010.Pemanfaatan media pembelajaran vsual dalam menimgkatkan hasil belajar IPA di SDN 15 parepare.skripsi Universitas negeri Makassar.

Wendy, Ostoroff, L. 2013. Cara Anak-Anak Belajar. Jakarta: PT Indeks.

Winaputra . 1992. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Depdiknas.

Wisudawati, A. W & Sulityowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA: Disesuaikan dengan Pembelajaran Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zainal, Aqib. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan Oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar

STKIP Andi Matappa Pangkep

Alamat: Jalan Andi Mauraga No 70 Kabupaten Pangkep-Sulsel

Cp. 08114627656 dan Email: ozzy.fachrozzy15@gmail.com

 

DIKDAS MATAPPA telah terindex oleh:

 

 

Dedicated to:

     

 

  Creative Commons License

DIKDAS MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.