Tata Kelola Inovasi Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Atas

erni ratna dewi

Abstract


Abstrak.Sekolah Menengah Atas (SMA) berinovasi menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien dan berkualitas. Unsur tata kelola pembelajaran harus disesuaikan dengan kemampuan sekolah dan sumber daya manusia yang dimilikinya untuk dapat melakukan perencanaan, pengarahan, pelaksanaan, pengorganisasian dan pengawasan untuk menjalankan prinsip tata kelola. Prinsip tata kelola yang lazim dikembangkan dalam suatu organisasi yaitu transparansi, partisipasi, akuntabilitas dan koordinasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder secara representatif dengan menetapkan tiga SMA unggulan dan tiga SMA binaan. Penentuan informan dilakukan dengan metode representatif melalui wawancara dengan jumlah informan 12 orang. Data penelitian disajikan berdasarkan data sekunder yang telah diolah oleh masing-masing sekolah kemudian dikonfromotir kepada informan kunci dan inti yang mampu menjelaskan tata kelola inovasi pembelajaran untuk SMA. Tahapan dalam analisis data ditempuh langkah-langkah: (1) reduksi data, yaitu membuat abstraksi atau rangkuman; (2) penyajian data yaitu dengan mengambil yang pokok-pokok namun dapat dijamin kesahihannya; dan (3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) manajemen sekolah berperan penting dalam mewujudkan tata kelola yang baik dalam meningkatkan inovasi pembelajaran; 2) penerapan fungsi manajemen yang terencana, terarah, terlaksana, terkoordinasi dan terawasi menentukan pelaksanaan tata kelola yang transparan, partisipasi, akuntabel dan terkoordinasi; dan 3) penerapan manajemen sekolah yang berbasis tata kelola menghasilkan inovasi pembelajaran sesuai kebutuhan, integrasi, aplikasi, aktivasi dan demonstrasi.

Keywords


Manajemen Sekolah, Tata Kelola dan Inovasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ridwan Sani, 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah, 2008. Evaluasi Pembelajaran, Semarang: Pustaka Rizki Putra.

C. Martin, S. 2009. “Teaching and Learning on the Word Wide Web”, Tersedia http://www.scu.edu.au/Ausweb95/papers/education/alexander.

Dalton, Sund, 2013. Teaching and Learning. Porstmouth: Heinemann.

Honextd, Smaldino. 2009. Instructional Media anf Technologies for Learning. Merril an Imprint of Prentice hall englewood cliff, New Jersey. Ohio.

Muldov, Asher, 2014. Learning Another Language Through Action. San Jose, California, AccuPrint.

Stonner, R,J, 2012. Assessing Students Outcomes. Performance Assessment Using the Dimensions of learning Model. Alexandria: ASCD Publications.

Helmed, 2012. Strategies of Teaching. Groningen, Netherlands: Wolters: Noordhoof.

Keban, 2010. Pendidikan dan Pembelajaran Modern dan Konvensional. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sebastiar, 2012. Framework of Thinking in Learning. Cambridge University Press.

Amerson, Joyce, 2014. Model of Teaching, New Delhi, Prentice Hall. Inc.

Honextd, PD, 2009. Strategies for Teachers. Allyn and Bacon, Singapore.

Schumpeter, T.L, 2010. Teacher Expectation and Student Perception. New York: Holt Rinehart and Winston.

Roger, Kauchak, 2012. The Condition of Learning. Singapore: Allyn and Bacon.

Robbins, Stephens, 2010. Instructional Design Theories and Models. NJ: Lawrence Erlbaum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan Oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar

STKIP Andi Matappa Pangkep

Alamat: Jalan Andi Mauraga No 70 Kabupaten Pangkep-Sulsel

Cp. 08114627656 dan Email: ozzy.fachrozzy15@gmail.com

 

DIKDAS MATAPPA telah terindex oleh:

 

 

Dedicated to:

     

 

  Creative Commons License

DIKDAS MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.