Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) Pada Siswa

subaedah subaedah

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Penerapan strategi SQ3R dapat meningkatkan aktivitas membaca pemahaman siswa kelas V SDI Kananga Kec.manuju. (2) Penerapan strategi SQ3R dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDI Kananga Kec.manuju. Sumber data dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang terdiri dari tes hasil belajar dan hasil observasi. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu kepada langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R yaitu dimulai dari Tahap persiapan pembelajaran, Tahap Pelaksanaan pembelajaran, dan Tahap akhir pembelajaran .Dari paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan pembelajaran dengan menerapkan strategi SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDI Kananga Kec.manuju.

Keywords


Strategi SQ3R; aktivitas membaca; pemahaman siswa

Full Text:

PDF

References


Aminuddin, 1999. Pembelajaran Terpadu Bahasa dan Sastra Indonesia. Malang: FPBS. IKIP Malang.

Burns, d.k.k. 1996. Teaching, Reading, with Children in Todays Elementary School. Boston : Houghton Mifflin.

Bundu, Patta dan Kasim, Ratna. 2007/2008.Konsep Dasar IPA I(teori dan praktek).Makassar:Universitas Negeri Makassar.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud.1992. Petunjuk Membaca Dan Menulis Kelas I dan II Sekolah Dasar.Jakarta:Depdikbud.

Heriani. 2008. Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar Energi Bunyi Siswa di Kelas IV SD Negeri Rawua. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kasbola, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang : Depdikbud Dikti.

Khalik, Abdul. 2008. Pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia. Parepare: Universitas Negeri Makassar.

.

_____. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Parepare: Universitas Negeri Makassar.

Muchlisah. 1991. Pendidikan Bahasa di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Mustakim, Nur. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di kelas tinggi (Hand out).Makassar: Universias Negeri Makassar.

Nurkancana.1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Rahman, Y. 2006. Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi (Diktat). Parepare.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Resmini, Novi, d.k.k. 2006. Membaca dan Menulis di SD Teori dan Pengajarannya. Bandung : UPI PRESS.

Rofi’uddin, dan Zuhdi. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Syafi’Ie, Iman. 1999. Pengajaran Membaca di Kelas Awal Sekolah Dasar. Malang: Depdikbud.

_____. 1993. Pengajaran Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Depdikbud.

Syah, Muhibin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: kencana.

Soedarso.2004. Speed Reading. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Salam, Hasanuddin d.k.k. 2010. Panduan penyusunan skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publish.

Winataputra, S. Udin, d.k.k. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan Oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar

STKIP Andi Matappa Pangkep

Alamat: Jalan Andi Mauraga No 70 Kabupaten Pangkep-Sulsel

Cp. 08114627656 dan Email: ozzy.fachrozzy15@gmail.com

 

DIKDAS MATAPPA telah terindex oleh:

 

 

Dedicated to:

     

 

  Creative Commons License

DIKDAS MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.