PENGARUH KOMPETENSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOAH TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SDN 20 WATANG SAWITTO

Nasaruddin Nasaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru SDN 20 Watang Sawitto.Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan populasi penelitian adalah seluruh guru SDN 20 Watang Sawitto Kabupaten Pinrang sebanyak 20 orang, sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji normalitas data, productmoment, analisis regresi linier dan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara umum kompetensi kepemimpinan kepala masih SDN 20Watang Sawitto kategori cukup tinggi (55,00%), walaupun masih perlu untuk melakukan peningkatan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah khususnya pada prakarsa yang tinggi dan hasrat melayani bahawahn sehingga kompetensi yang dimiliki semakin tinggi nantinya akan mempengaruhi terhadap peningkatan profesionalisme guru SDN 20 Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, (2) Guru SDN 20 Watang Sawitto Kabupaten Pinrang memiliki profesionalismeberada pada kategori cukup tinggi (55,00%),walaupun masih ada sebagain kecil masih ada guru yang meiiki profesionalisme yang rendah, dan (3) Ada pengaruh kompetensi kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru SDN 20 Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, artinya semakin tinggi kompetensi kepemimpinan yang dimiliki oleh kepaa sekolah akan berpengaruh positif terhadap peningkatan profesinalisme.


Keywords


kompetensi, kepemimpinan, profesinalismee dan guru.

Full Text:

PDF

References


Akadum. 1999. Potret Guru Memasuki Millennium Ketiga, Suatu Pembaharuan, (Online) (http://www.Suatu Pembaharuan.Com/news/1999/01/2.0199/OpEd diakses 30 Mei 2008).

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.:Bina Aksara.

Daryanto. 2005. Administrasi Pendidikan.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2000. Kumpulan Materi Pelatihan Metode Material Refetif dan Manajemen. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Manajemen.

DirayantiMudjiono. 1999. Belajar dan Pebelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik jilid 1. Yogyakarta: Andi.

Hamalik, Oemar. 2004. Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayaningrat, Soewarno. 1993. Pengantar Ilmu Studi Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV. Dirjen Masagung.

Hessel Bein, F. dkk. 1997. Organisasi Masa Depan (alih bahasa: Achmad Kemal). Jakarta: Gramedia.

Ibrahim & Syaohid, Nana, 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kartono, Kartini. l992. Pemimpin dan Kepemiminan Apakah Pemimpin Informasi itu. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nawawi,

Hadari. 1997. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.

Pidarta. 1999. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. M. 1996. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rifai, 1982. Administrasi dan Supervisi Pendidikan l (Bagian Administrasi Pendidikan). Bandung: Jemmers.

Saherrian Piet A, Akida Sahertian. 1990. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Porgam Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta

Siswanto, Bedjo. 1990. Manajemen Modern. Bandung: Sinar Baru.

Slamelo. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, 1996. Metode Statistika. Bandung

Tarsito. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar dalam

Algensindo, Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Syah, Mahibbin. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Syamsi, Ibnu. 1994. Pokok-Pokok Organisasi dan Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Thoha, Miftah. 2000. Perilaku Organisasi (konsep dasar dan aplikasinya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trihendradi, Conelius. 2005. SPSS 12 Statistik Inferen Teori Dasar & Aplikasinya. Yogyakarta: Andi.

Usman, M. Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahjoetomo. 1997. Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jakarta: Gema Insani Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan Oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar

STKIP Andi Matappa Pangkep

Alamat: Jalan Andi Mauraga No 70 Kabupaten Pangkep-Sulsel

Cp. 08114627656 dan Email: ozzy.fachrozzy15@gmail.com

 

DIKDAS MATAPPA telah terindex oleh:

 

 

Dedicated to:

     

 

  Creative Commons License

DIKDAS MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.