EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Akbar taufik, Suryanti Suryanti

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian kelas VIII-7 dan VIII-8 MTsN 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa kelas VIII setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran hypnoteaching dan metode ceramah, (2) Untuk mengetahui keaktifan siswa kelas VIII dalam pembelajaran dengan metode hypnoteaching dan metode caramah, dan (3) Untuk mengetahui respons siswa kelas VIII terhadap metode pembelajaran hypnoteaching dan metode caramah, (4) Untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih baik antara metode pembelajaran hypnoteaching dengan metode ceramah. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan metode pembelajaran hypnoteaching lebih baik dibandingkan yang diajar dengan metode ceramah. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran hypnoteaching adalah 82,90 lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan metode ceramah yakni 78,25, (2) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching lebih baik, (3) Respons siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching sama positifnya dengan respons siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah, dan (4) metode pembelajaran hypnoteaching lebih efektif diterapkan pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar.


Keywords


Efektivitas, Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Budiarso, Ari Singgih. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Hypnoteaching Untuk Memotivasi Siswa SMP dalam belajar IPA pada Materi Energi Terbarukan: Jurnal Pena Sains, (online), Vol 3, No.2, (http://journal.trunojoyo.ac.id, Diakses 15

Depdikbud. 2009. Evaluasi dan Penilaian. Proyek Peningkatan Mutu Guru. Dirjen

Dikdasmen, Jakarta.

Hasbullah & Rahmawati. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi

Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI: Jurnal Formatif, (online), jilid 5, No.1, (http://journal.lppmunindra.ac.id, Diakses 15 Juni 2017.

Noer, Muhammad. 2010. Hypnoteaching for Success Learning. PT. Bintang Pustaka Abadi: Yogyakarta.

Safitri, D. Nurul & Purnamasari, N. Indriastuti. 2017. Evektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Hypnoteaching Terhadap Prestasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri II IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Edumath (online), Vol. 3, No. 1, (http://ejournal.stkipmpringsewu.ac.id, Diakses 15 Juni 2017.

Yustisia, N. 2012. Hypnoteaching. Yogyakarta: AR-Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v2i2.206

Article metrics

Abstract views : 22 | views : 8


Copyright (c) 2018 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats