PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PPK YANG BERORIENTASI PADA KECAKAPAN ABAD-21

ulfiana yusuf, Andi Tenriawaru

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) yang berorientasi pada kecakapan abad 21 yang valid, efektif, dan praktis  pada pokok bahasan Bilangan yang meliputi Buku Siswa, LKPD, dan RPP. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Binamu dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur menggunakan model 4-D yang meliputi empat tahap yaitu pembatasan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Perangkat pembelajaran berbasis penguatan pendidikan karakter yang berorientasi pada kecakapan abad 21 yang telah dikembangkan telah divalidasi dan mengalami revisi berulang kali sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran bersifat efektif dan praktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 80,5 yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai, (2) siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; dan (4) Tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi, artinya penampilan guru dapat dipertahankan

Keywords


Penguatan Pendidikan Karakter, Kecakapan abad-21

Full Text:

PDF

References


Anwar, ilham. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: direktori UPI

Darmiatun, (2013). Menyusun Model Bahan Ajar untuk Persiapanguru dalam Mengajar. Yogyakarta: gava media.

Indrayanti, Norma Y dan Endang Susilowati. 2010. Pengembangan Modul. Surakarta: Tim Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNS.

OECD. (2013). PISA 2015. Draft MathematicsFramework. Paris: OECD.org.

Santyasa, W. (2008). Pengembangan Modul Siswa. (Online). (www.docstoc.com)

TIM PPK Kemendikbud, 2017. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdikbud.

Wardani, Sri dan Rumiati. (2011). Instrument Penilaiaan Hasil Belajar Matematika SMP Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK-Kemdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v2i2.232

Article metrics

Abstract views : 32 | views : 8


Copyright (c) 2018 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats