PENGEMBANGAN LKM GEOMETRI ANALITIK BIDANG BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

Sitti Busyrah Muchsin, Rahmat Kamaruddin, Karlina Razak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Mahasiswa berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika mahasiswa pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Proses pengembangan LKM menggunakan model 4-D Thiagarajan. Instrumen-instrumen dalam penelitian ini adalah: (1) lembar validasi perangkat pembelajaran LKM, (2) lembar observasi, (3) angket respons mahasiswa, dan (4) tes berupa pretest dan posttest yang mengukur kemampuan literasi mahasiswa pada materi Geometri Analitik Bidang. Tes ini digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan literasi mahasiswa yang terdiri dari level 1-6 sesuai dengan framework PISA. LKM berbasis Realistic Mathematics Education yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli kemudian dianalisis dengan validitas isi Gregory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif berdasarkan penilaian validator dan hasil uji coba yang dilaksanakan. Kevalidan perangkat lebih dari 75% atau V > 75%. Ini menunjukkan bahwa LKM yang dihasilkan berada pada kategori valid atau inferensia yang dilakukan adalah sahih. Keefektifan perangkat ditunjukkan dengan terpenuhinya 3 dari 4 indikator kefektifan yang ditetapkan, antara lain: (1) Rata-rata kemampuan literasi matematika mahasiswa berada pada level “sedang” (2) terpenuhinya 7 dari 9 kategori aktivitas siswa, (3) Semua mahasiswa memberikan respon positif sebesar 100% dari tiap aspek yang direspon.


Keywords


Pengembangan LKM, RME, Literasi Matematika

Full Text:

PDF

References


Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta Depdiknas.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Ruslan. 2009. Validitas Is. Buletin Pa’biritta, 10(6), 18-19.

Sahid. 2009. Pengembangan Bahan Ajar matematika model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sinjai Utara.Tesis. PPs Universitas Negeri Makassar.

Stacey, K. 2011. The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 2(2),95-126.

Sugiman. 2008. Pandangan Matematika Sebagai Aktivitas Insani Beserta Dampak Pembelajarannya. Jurnal Pendidikan Matematika (Nomor 2 tahun 2008). Hlm. 61-71.

Sembiring R.K., Hadi S, dan Dolk M. (2008). Reforming Mathematics Learning in Indonesia Classroom through Realistic Mathematics Education. Diakses dari http://www.springerlink.com. pada tanggal 21 Mei 2017, Pukul 22.05 WITA.

Wijaya, Ariadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v2i2.241

Article metrics

Abstract views : 22 | views : 9


Copyright (c) 2018 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats