PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MELIHAT MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA

Ratmi Qori

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode hypnoteaching dan melihat motivasi belajar siswa khususnya materi trigonometri kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Indralaya yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh bahwa gambaran pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode hypnoteaching terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 85,4% dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode hypnoteaching dikategorikan tinggi dengan rata-rata 84,52%.

 


Keywords


Metode Hypnoteaching, Motivasi Belajar Siswa, Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Diantari, P., Wiarta, I, W,. & Negara, I, G, A, O,. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Jaya, N, T,.(2010). Hypnoteaching Bukan Skedar Mengajar. Jawa Barat Indonesia. D – Brain .

Navis, A, A,.(2013). Hypnoteaching. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Noer, M,. (2010). Hypnoteaching For Succes Learning. Yogyakarta. Pedagogi

Sardiman, A, M,. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusdi. Maulana, D., & Susanto, E. (2013). Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X2 SMAN 1 Kota Bengkulu: 456.

Yustisia, N,. (2012). Hypnoteaching Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v2i1.38

Article metrics

Abstract views : 88 | views : 18


Copyright (c) 2018 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats