Pelatihan Renang Keselamatan Bagi Anak Penyandang Disabiltas

Bahtiyar Heru Susanto, Faiz Noormiyanto

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan kompetensi melatih untuk mengatasi kesulitan pelatih di Perkumpulan Renang Caesar dalam melatih renang anak penyandang disabilitas. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah peningkatan kompetensi baik secara pemahaman, pengetahuan, maupun keterampilan pelatih setelah mengikuti pelatihan terkait renang keselamatan bagi anak penyandang disabilitas. Selain kompetensi pelatih, kegiatan ini diharapkan juga menghasilkan produk yaitu modul melatih renang keselamatan bagi anak penyandang disabilitas. Metode kegiatan ini berupa pelatihan kepada para pelatih Perkumpulan Renang Caesar. Setelah diberi pelatihan materi teori, selanjutnya para pelatih akan melaksanakan praktek melatih anak-anak penyandang disabilitas dari Sekolah Luar Biasa yang mengikuti les renang di perkumpulan renang tersebut. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui beberapa metode pelatihan, yaitu: 1) Metode Ceramah, 2) Metode Tanya Jawab, dan 3) Metode Simulasi. Pelatihan dilaksanakan sebanyak 2 kali secara teori dan praktek, hal ini dilakukan agar peserta tidak hanya sekedar memahami teorinya saja, akan tetapi akan mendapat bimbingan dalam melatih langsung di kolam renang dengan baik dan benar.

 

Keywords:

Renang, Anak Penyandang Disabilitas


Full Text:

PDF

References


Agus Supriyanto & Lismadiana. (2013). Penggunaan metode hipnoterapy untuk meningkatkan konsentrasi start dalam renang. Jurnal iptek olahraga. Volume 15, nomor 2. Jakarta: Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Syafrida Elisa dan Aryani Tri Wrastari. (2013). Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, Vol. 2, No. 1.

Ulfah Fatmala Rizky. (2014). Identifikasi Kebutuhan Siswa Penyandang Disabilitas Pasca Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal of Disability Studies. Vol, 1, Issue 1 pp. 52-59. ISSN: 2355-2158

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v1i2.180

Article metrics

Abstract views : 5 | views : 1

Refbacks



Copyright (c) 2018 Bahtiyar Heru Susanto, Faiz Noormiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher

STKIP Andi Matappa Pangkep

Alamat: Jalan Andi Mauraga No 70 Kabupaten Pangkep-Sulsel

Email: jurnalmatappa@gmail.com Cp. 085299898201/082192221324

 


Telah Terindex oleh:

        


Copyright of MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

    Creative Commons License      

 

View Matappa Stats