Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model CIRC Dengan Talking Stick Siswa Kelas V

Authors

  • Nur Azisah STKIP ANDI MATAPPA
  • Ahmad Budi Sutrisno STKIP ANDI MATAPPA
  • Shyam Sarjani Alam STKIP ANDI MATAPPA

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Model CIRC, 4D Thiagarajan

Abstract

Abstract: Tujuan Penelitian ini yaitu: untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model CIRC yang dikombinasikan dengan permainan Talking Stick pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V SDN 16 bucinri. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research And Development), dengan menggunakan model 4D Thiagarajan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil oleh ahli validasi, ahli materi dan perangkat yang mencapai hasil 78% validasi ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi berada pada kategori “Valid”. Perangkat Pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil persentase guru sebesar 95% dan respon peserta didik sebesar 94% berada pada kategori “Sangat Praktis” keefektifan produk diliat dari hasil obeservasi keterlaksanaan aktivutas guru dan siswa pertemuan I sebesar 90%, pertemuan II sebesar 93% dan pertemuan III sebesar 96% berada pada kategori “ Sangat Baik” kuesioner respon guru diperoleh rata-rata 95% dan respon peserta didik sebesar 94%, serta tes hasil belajar (THB) diperoleh nilai rata-rata 90%. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh peneliti pada setiap kegiatan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dan peneliti berhasil menerapkan perangkat pembelajaran untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30