Penerapan Metode Suku Kata Berbantuan Media Cakram Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemulaan
Metode suku kata, Media cakram huruf, Meningkatkan keterampilan siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan SD Negeri 13 Padang Lampe, dengan menggunakan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Berbantuan Media Pembelajaran Cakram Huruf. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 13 Padang Lampe yang berjumlah 20 siswa. Penelitian Tindakan dilakukan dalam tiga siklus yang pada tiap siklusnya terdapat lima tindakan yaitu 1) Survey (Penemuan fakta dan analisis), 2) Rencana umum (terdapat tindakan 1,2, dan tindakan 3), 3) Implementasi tindakan, 4) Pengaruh dan implementasi monitoring, dan 5) Survey (menjelaskan kegagalan implementasi efek). Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes keterampilan membaca permulaan, lembar keterlakasanaan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Suku Kata (syllabic method) dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 13 Padang lampe. Dengan memperoleh nilai hasil belajar membaca permulaan pada siklus 1 rata-rata nilai 45,77%, pada siklus II rata-rata nilai yang dicapai 72%, %, dan pada siklus III data yang diperoleh rata-rata 91,15% dan sudah termasuk kedalam kategori sangat baik.