Penerapan Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas IV SDN 1 Balang Lompo
Keywords:
Probing Prompting, hasil belajarAbstract
Penelitian ini menelaah Penerapan metode Probing-prompting Terhadap Hasil Belajar PKn Materi Pancasila Murid Kelas IV SD Negeri 1 Balang Lompo. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Apakah ada perbedaan hasil belajar murid sebelum dan sesudah penerapan metode probing-prompting pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan Apakah ada pengaruh penerapan metode probing-prompting terhadap hasil belajar belajar murid pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV SDN 1 Pulau Balang Lompo. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 27 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas IV di SD Negeri 1 Pulau Balang Lompo . Pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes hasil belajar dan observasi belajar. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu uji normalitas, uji hipotesis t-test, uji f dan uji Ngain. hasil perhitungan dengan menggunakan rumus SPSS versi 21 melalui paired sample t-test diperoleh thitung = 2,857 dengan taraf signifikan ɑ = 0,05 dan diperoleh ttabel = 1,703. Jadi sig < ɑ = 0,05 yaitu 0,008 < 0,05 Maka hasil uji pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode probing-prompting terhadap hasil belajar murid kelas IV dan thitung > ttabel yaitu 2,857 > 1,703 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan artinya Ha diterima dan Ho ditolak.