Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Sri Dewiyanti Mustan STKIP ANDI MATAPPA
  • A. Zam Immawan Alam STKIP Andi Matappa
  • Khaerun Nisa'a Tayibu STKIP Andi Matappa

Keywords:

speed reading, Kemampuan membaca

Abstract

Penelitian berfokus pada peningkatan kemampuan membaca siswa melalui metode Speed Reading dengan menggunakan teks bacaan siswa kelas V SD Negeri 56 Talaka Kecematan Minasatene Kabupaten Pangkajene. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Tahun Pelajaran 2021-2022 yang berjumlah 26 siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap setiap siklusnya, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan Teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya kemampuan membaca siswa dapat dilihat dari lembar observasi kegiatan belajar siswa, yaitu pada siklus I pertemuan II 44,64% mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan II yaitu 91,07%. Begitu juga pada hasil kemampuan membaca siswa yaitu pada siklus I sebesar 42,3% dan mangalami peningkatan pada siklus II yaitu 92,3%. Sehingga terjadi peningkatan kemampuan membaca dari siklus I ke siklus II dan tidak perlu dilanjutkan siklus III. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Speed Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dikelas V SD Negeri 56 Talaka Kecematan Minasatene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Downloads

Published

2024-08-17