Peningkatan Keterampilan Bertanya Melalui Pendekatan Saintifik di SD Negeri 22 Tondongkura

Authors

  • nuraeni STKIP ANDI MATAPPA
  • Firdha Razak STKIP Andi Matappa
  • Ruri Muhammad Primatama Danreng STKIP Andi Matappa

Keywords:

Keterampilan Bertanya, Pendekatan Saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik siswa kelas V di SD Negeri 22 Tondongkura pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan di SD Negeri 22 Tondongkura. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada siklus I dengan persentase 65% siswa  belum tuntas dan 35% siswa dikatakan tuntas dengan rata-rata kelas 69,89% belum mencapai KKM. Dengan nilai tertinggi pada siklus 1 adalah 85 dan nilai terendah adalah 49. Meningkat pada siklus II dengan persentase 20%  siswa belum dinyatakan tuntas dan sebanyak 80% siswa sudah dinyatakan tuntas dengan rata-rata  kelas 84,28% dengan nilai tertinggi pada siklus II adalah 90 dan nilai terendah adalah 69, pada siklus ini sudah mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran tematik di kelas V SD Negeri 22 Tondongkura.

Downloads

Published

2024-08-17