Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Topik Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV
Keywords:
media pembelajaran, scrapbook, keberagaman budayaAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran scrapbook yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk pembelajaran ilmu pengatahuan sosial materi keberagaman budaya bangsaku. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian R&D (research and development), dengan model pengembangan ADDIE. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, dan diujicobakan kepada 15 siswa kelas IV SDN 17 taraweang. Hasil penelitian ini adalah terciptanya produk media pembelajaran scrapbook yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk pembelajaran ilmu pengatahuan sosial materi keberagaman budaya bangsaku. Hasil pengujian validasi ahli media yaitu memperoleh presentase sebesar 86% dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 84% dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil uji kepraktisan angket respon guru memperoleh presentase sebesar 90% dengan kategori “Sangat praktis”. Sedangkan hasil angket respon memperoleh presentase sebesar 93% dengan kategori “Sangat praktis”. Hasil uji keefektifan yang dilihat dari hasil tes hasil belajar pretest dan postest sebelum menggunakan media dan setelah menerapkan media pembelajaran scrapbook. Hasil penilaian N-Gain memperoleh nilai rata rata hasil pretest dan post-test dengan rata rata 0,73 berada pada kriteria sedang. hal ini menujukkan bahwa media pembelajaran scrapbook yang dikembangkan telah bersifat valid, praktis, dan efektif. sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran ilmu pengatahuan sosial, materi keberagaman budaya bangsaku.
Kata Kunci: Scrapbook, Media Pembelajaran, keberagaman budaya