Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model TGT Dengan Strategi Crossword Puzzle

Authors

  • hardianti hardianti STKIP ANDI MATAPPA
  • Ahmad Budi Sutrisno STKIP Andi Matappa
  • H. Muhammad Zaid STKIP Andi Matappa

Keywords:

model TGT, Strategi crossword puzzle, Keaktifan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui model TGT dengan strategi Crossword Puzzle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 21 Bontorannu yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keaktifan belajar dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil observasi keaktifan belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai 61,41%, jika skor rata-rata tersebut dimasukkan kedalam kriteria penggolongan data keaktifan belajar siswa berada dalam kategori cukup aktif (CA). Pada siklus II data yang diperoleh dari hasil observasi keaktifan belajar siswa rata-rata nilai yang dicapai 86,41% atau berada dalam kategori sangat aktif (SA). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT dengan Strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembmooelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 21 Bontorannu.

Downloads

Published

2024-12-25