Pengaruh media pop-up terhadap kemampuan membaca pemahaman dan menulis siswa kelas III SD Negeri 39 Tamalalang

Authors

  • Mawaddah STKIP Andi Matappa
  • Khaerun Nisaa Tayibu STKIP Andi Matappa
  • Ahmad Budi Sutrisno STKIP Andi Matappa

Keywords:

Media pop-up, Kemampuan membaca pemahaman dan menulis

Abstract

Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan One grup pre-test post-test merupakan rancangan penelitian eksperimental yang meneliti tentang kemungkinan sebab-akibat. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap Pre Test dan Post Test, hal ini dilakukan sebagai bahan pertimbangan untuk melihat perbedaan kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan menulis siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pop-up. Adapun hasil yang diperoleh yaitu: Untuk analisis deskriptif didapatkan nilai rata-rata pada Pre Test dan Post Test meningkat. dan untuk analisis inferensial mulai dari uji normalitasnya semua data yang diperoleh berdistribusi normal, untuk uji homogenitas diperoleh hasil bahwa data yang diperoleh bersifat homogen. Pada uji Regresi Hasil persamaan konstanta menyatakan bahwa penambahan nilai kemampuan membaca pemahaman dan menulis maka kemampuan membaca pemahaman dan menulis akan bertambah. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan “Ada perbedaan yang signifikan Kemampuan membaca pemahaman dan menulis setelah diterapkan Media Pop-Up kelas III SD Negeri 39 Tamalalang diterima.

 

Kata Kunci: Media Pop-Up, Kemampuan membaca pemahaman dan menulis

Published

2024-12-31