Peranan guru sebagai model dalam pembentukan Karakter peserta didik
Abstract
Profesi guru memiliki beberapa keunggulan dari profesi lain. Istilah Jawa mengatakan bahwa guru adalah seseorang yang digugu ( dipercaya ) dan ditiru ( dicontoh ), merupakan suatu profesi yang patut untuk dihargai dan dijunjung tinggi. Implementasi dari hal tersebut maka sepatutnya guru harus menjadi model untuk menjadikan dunia pendidikan yang berbasis karakter, bermoral dan tidak meninggalkan kearifan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) bagaimana peran guru sebagai model dalam pembentukan karakter siswa, (2) bagaimana tantangan yang dihadapi guru sebagai model dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang kompleks terhadap pencapaian tujuan pendidikan, guru tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu yang akan diajarkan, memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar, guru juga dituntut untuk memiliki akhlak, karakter dan  kepribadian yang dapat dijadikan suri teladan bagi peserta didik.
Kata kunci: guru,siswa dan pembentukan karakterReferences
Azhar, Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Nasution M.A.2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Prenada Media Group
Parkay W, Forrest. 2010. Menjadi seorang Guru. Jakarta: Permata puri Media
Rusman. 2013. Model-model pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Supriadi Didi dkk. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Uzer, Usman Moh. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.