Perilaku Bullying Remaja (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Kahu Kab. Bone)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying, faktor-faktor perilaku bullying, dampak perilaku bullying terhadap prestasi belajar dan dampak perilaku bullying terhadap hubungan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 orang siswi kelas dua SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan observasi dengan masing-masing subjek penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying yang dilakukan adalah secara fisik dan non-fisik. Faktor-faktor yang menyebabkan melakukan bullying yaitu faktor eksternal atau lingkungan antara lain kurangnya pengawasan dari orangtua, pola asuh orangtua, perilaku agresif dari rumah, mengadopsi hukuman fisik yang didapatkan dari orangtua,memiliki teman yang sering melakukan tindak kekerasan terhadap anak lain, sabagau wujud balas dendam.dan faktor internal yaitu dari dalam diri individu.dampak terhadap prestasi belajar yaitu nilai pelajaran menurun, fokus terhadap pelajaran tidak ada.dampak terhadap hubungan sosial yaitu anak tersebut susah berbaur dengan lingkungannya, dikucilkan masyarakat.
Â
Kata kunci : Perilaku Bullying, Remaja.
Â
References
Baron, R, A, & Burne, D. 2005. Psikologi Sosial (Jilid 2). Jakarta: Penerbit Erlangga
Coloroso, B. 2002. The Bully, The Bullied and The Bystander: Breaking the Cycle of Violence (Online).(http:/bullybeware.com/moreinfo.html#one, diakses 18 Desember 2006).
Coloroso, B. 2007. Stop Bullying! Memutus Mata Rantai Kekerasan Anak Prasekolah Hingga SMU. Jakarta: Serambi.
Djuwita, R. 2006. Kekerasan Tersembunyi di Sekolah: Aspek-Aspek Psikososial dari Bullying(Online).
(http://www.ditplb.or.id/2006/index.php?menu=profile&pro=175, diakses 18 Desember 2017).
Gloria, C. M. 2006. Selamatkan Putra/i Anda dari “Bullying†(Online). (http://www.glorianet.org/berita/B623.html, diakses 18 desember 2017).
Lestari, M. T. 2006. Penyimpangan Sosial di Sekolah (Bullying). Edisi 01/th1/Maret 2017, hal 24-24. K Plus.
Mash, E. J, & Wolfe, D. A. 2005. Abnormal Child psychology. Australia: Thomson Wadsworth.
Moleong, L. J. 2002. Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: PT. Remaja Karya.
Olweus, Dan. 2005. Bullying Intervention Strategies That Work. (Online). Tersedia: diakses 18 desember 2017.http://www.educationworld.com/a_issues/issues/issues103.shtml (18 ).
Papalia, D. E, Olds, S. W, & Feldman, R. D. 2002. A Child’s World: Infancy Through Adolescene. New York: McGraw-Hill Higher Education
Samhadi, S. H. 2007. Budaya Kekerasan di Lembaga Pendidikan (Online). (http://www.kompas.com/kompas-cetak/0704/14fokus/3456065.htm).
Sullivan, K. 2000. The Anti-Bullying Handbook. Auckland: Oxford University Press.