Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i1.1001Kata Kunci:
Experimental Method Based on Science Literacy, Science Learning Outcomes.Abstrak
This study aims to determine the effect of scientific literacy-based experimental methods on science learning outcomes in fifth grade students of SD Negeri Lemoa, Gowa Regency. This type of research is an experimental study in the form of One Group Pretest Postest Design, which is an experiment which in its implementation only involves one class as an experimental class without a comparison class (control class) which aims to determine the effect of the experimental method in Natural Science learning. The subject of the relationship between living things in the ecosystem in grade V SD Negeri Lemoa for the academic year 2020/2021 The results of descriptive statistical analysis of science learning outcomes in fifth grade students with the experimental method based on positive scientific literacy, the understanding of material from natural science with the experimental method based on scientific literacy shows better learning outcomes than before using the experimental method. The inferential results obtained are 0.000 <0.05 so that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an effect of using scientific literacy-based experimental methods on science learning outcomes in fifth grade students of SD Negeri Lemoa, Gowa Regency.
Referensi
Abidin, Yunus. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad, Rulam. 2017. Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Prenadamedia Group.
Ariyanto, Metta. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble: p-ISSN. Di akses pada 23 Maret 2020 Pukul 21.36.
Ayangsari, Dewi M, dkk. 2014. Penerappan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA .Jurnal Edukasi UNEJ, 2,1 (1) Jawa Barat: UPT Penerbit Universitas Jamber. Dikses dari https:// Pada 20 Maret 2020 Pukul 07.55.
Dasopang, Muhammad Darwis. 2017. Belajar dan Pembelajaran, Jurnal Kajian Ilmu-ilmu keislaman. Diakses dari http://web.id pada 14 Maret 2020 Pukul 20.15.
Daryanto, dan Karim Syaiful. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media.
Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.
Hendi, Rizhal. Sains Edutaiment (online). blogspot.com/2012/12/definisisi-literasi sains_23.html?=1/ Di akses pada 23 Januari 2020.
Heni, Mularsih Karwono. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar Depok: Rajawali Pers.
Karwono, dan Mularsih, Heni. 2017 Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Kementrian Agama, Al- Quraan dan Terjemahannya. Surabaya: Lentera Optima Pustaka, 2012.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mudyahardjo, Redja. 2014. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Ningsi, Kurniati. http://blogspotelihkurniatiningsih.blogspot.com/2016/04/metode-eksperimen-pengertian-eksperimen (online).html/ Diakses pada tanggal 17 Januari 2020 Pukul 16.15
Nugraheni. (2014): “Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014â€, diakses pada tanggal 10 Maret 2020 Pukul 19.25.
Pranolo, Hermawan Hery. (2013) : †Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA SDN Sukomulyo Ngaglik Sleman. â€Diakses dari http://web.id pada tanggal 10 Maret 2020 jam 19.20.
Puryadi, dkk. 2017. “Penerapan Metode Eksperiemen Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswaâ€, jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. Diakses dari http://web.id pada 20 Oktober 2020 pukul 20.56.
Ruslan, Ahmadi. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Sevima. https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli (online)/ diakses pada 19 Januari 2020 Pukul 10.11.
Slameto 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sucirahma, https://fis18sucirahma. blogspot. Com/2019/07/metode eksperimen.html ? m = 1. Diakses pada 24 November 2020 pukul 17.25.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.
Sukmawati, Eka. (2013): “Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Siswa pada Konsep Benda dan Sifatnya di Kelas IV SDN Bintaro 02â€, diakses pada tanggal 10 Maret 2020 Pukul 19.20.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learing. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Syarifah, Mushlihatun. https://www.msyarifah.my.id/metode-demonstrasi-dan eksperimen. Diakses pada 24 November 2020 pukul 17.40.
Undang-Undang Dasar Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wahyana. 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuliati, Yuyu. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA: Jurnal Cakrawala Pendas Vol.3 No.2 (h.23). Majalengka: Cakrawala Pendas. Diakses dari http:// pada 23 Januari 2020 Pukul 06.06.
Yuliana, Eva, dkk. 2017. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan prestasi belajar siswa.Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan,7(2). Diakses dari http:// pada 13 Februari 2020 Pukul 04.18.
Wisudawati, Asih Widi dan Sulistyowati, Eka.2017.Metodologi Pembelajaran IPA. Jakartac: Bumi Aksara.