Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V SD Negeri 317 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i1.1003Kata Kunci:
Process Skills, Social Studies Learning Outcomes.Abstrak
Referensi
Abdurrahman, 2013. Pengelolaan Pengajaran. Ujung Pandang: PT. Bintang Selatan.
Achmad, A. 2011. Pembelajaran IPS Di Tingkat Sekolah Dasar. (http://Achmad.blogspot.com/2008/04/pembelajaranIPS.html, diakses 21 No-vember 2008).
Afni Nur. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving pada Murid Kelas V SDN Sudirman III Makassar. Prosiding Seminar nasional, FKIP Universitas Muslim Maros Volume 1 .
Al Barry, MD. 2011. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Arkola.
Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Darmadji, 2011. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VI SDN Wotsogo 01 Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Tesis tidak dipublikasikan. Malang: PPS Kanjuruhan.
Farris, P.J. & Cooper, S.M. 2015. Elementary Social Studies. USA: Brown Communications, Inc.
Mangkuatmodjo, S. 2019. Pengantar Statistika. Jakarta: Rineka Cipta.
Mappasoro. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM.
Mulyasa, 2014. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Muslich, M. 2013. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwadarminta. 2019. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Samlawi dan Maftuh. 2016. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Sardiman, D.S., dkk. 2012. Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdiknas.
Soekanto, S. 2011. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, N. 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Tiro, M.A. 2007. Menulis Karya Ilmiah untuk Pengembangan Profesi Guru. Makassar: Andira Publisher.
Umar, A. 2018. Statistika Jilid 1: Pengantar Ke Dalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Umar, A. dan Kaco, N. 2017. Penelitian Tindakan Kelas: Pengantar Ke Dalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Winkel, W.S. 2017. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.