Korelasi Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Anak Usia Sekolah Dasar di Exellent Course
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.1009Kata Kunci:
Parenting style, Interest to learn, Elementary school age children.Abstrak
This study aims to determine the relationship between parenting styles and interest in learning elementary school age children in the Excellent Course. This research was carried out at the Excellent Course in November of the 2020/2021 academic year. This research is a quantitative research using correlation method with parenting style variable as independent variable and children's learning interest as dependent variable. Sampling was done using a saturated sampling technique where all members of the population were used as samples. The number of samples in this study were 20 children. Data collection using questionnaires and interviews. Data analysis used Pearson product moment correlation test. In the correlation test, the correlation coefficient is -1.9656 with of 2.101. Then is -1.9656 <2.101. This shows that there is no significant relationship between parenting styles and interest in learning for elementary school age children in the Excellent Course.
Referensi
Apritia, Chalin Kurniawati dan Imam Barnadib. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Jogokariyan Yogyakarta. Jurnal Keluarga. 1 (2), 82-88
Ambarwati, Rina. 2015. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah Ngawen Tahun Pelajaran 2014/2015. Artikel Skripsi Universitas PGRI Kediri.
Djamarah, Syaiful Bahari. 2014. Pola Asuh dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Fauziah, Amni, Asih Rosmaningsih, dan Samsul Azhar. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siawa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. 4 (1), 47-53
Hidayati, Nur Istiqomah, Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Jurnal Psikologi Indonesia. 3 (01), 1-8
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Karina, Rizky Meutia, Alfiati Syafrina, Sy. Habibah. 2017. Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1), 61-77
Khairunnisa, Arin, Nia Kurniatin. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Remaja pada Kejar Paket B di PKBM Mutiara Bangsa Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan. 5 (1), 155-168
Longkutoy, Nathania, Jehosua Sinolungan, dan Henry Opod. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Jurnal e-Biomedik. 3 (1), 93-99
Martini, Ni Made Dwi. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Anak di Kelompok B TK Kartini Lalundu Kecamatan Rio Pakava. Jurnal Bungamputi. 3 (1), 1-15
Marleni, Lusi. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1), 149-159
Nasution, S. 2012. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Nuvera, Susi Mariyana. 2019. Hubungan Antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siwa SDN 3 Jatimulyo. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 3 (6), 1322-1331
Putri, Kabela, Sutrisno Djaja, dan Bambang Suyadi. 2017. Pengaruh Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 11 (1), 67-74
Rahmawati, Fitria, I Komang Sudarma, dan Made Sulastri. 2014. Hubungan Antara Pola Asuh dan Kebiasaan Bealajr Terhadap Prestasi Bealajr Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Jurnal MIMBAR PGSD. 2 (1)
Simbolon, Naeklan. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pendidikan Dasar. 1 (2), 14-19
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Syam, Subahan. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kejadian Temper Tatrum Anak Usia Toddler di PAUD Dewi Kunti Surabaya. Jurnal Promkes. 1 (2), 164-169
Wahyuning, Wiwit. 2003. Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komunikasi Putindo