Miskonsepsi Materi Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i4.1081Kata Kunci:
Elementary School, Fraction, Misconception.Abstrak
Referensi
Damayani, Aries Tika dan Nyai Cintang. 2018. Pembelajaran Bilangan Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS.
Fadhilah, dkk. 2019. “Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hubungan Antar Garis Di Kelas IV Sekolah Dasarâ€. Seminar Pendidikan Nasional 1 Universitas PGRI Semarang (1), 315-322. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/download/387/232&ved=2ahUKEwit9ZTnt5LsAhXJeisKHeHOAK0QFj AAegQIChAC&usg=AOvVaw 0e6_sT-ReY4l154qAMWkMd diakses pada tanggal 20 Juni 2020 pukul 13.30 WIB.
Hakim, dkk. 2018. “Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas VIII Smp Lkia Pontianakâ€. Jurnal Pendidikan Vol. 7, No. 07 FKIP UNTAN.
Hayat, Fenny, Filia. 2014. Implementasi Model pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Melalui Pembelajaran Sains untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Prosiding Mathematics and Sciences forum 2014. Universitas PGRI Semarang. http://prosiding.upgris.co.id diakses pada tanggal 5 Oktober 2020 pukul 16.00.
Kurniadi, Yuhanes Lilyk. 2015. “Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pengurangan Perkalian Dan Pembagian Bilangan Pcahan Biasa Kelas V Sekolah Dasarâ€. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id diunduh pada tanggal 25 Juni 2019 pukul 12.30 WIB.
Malikha, Faisal Amir. 2018. “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B MIN Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematikaâ€. Jurnal Pi: Mathematics Education Journal Vol. 1, No. 2, April 2018, 75-81. https://ejournal.unikama.ac.id diunduh pada tanggal 24 Maret 2020 pukul 10.00 WIB.
Nurhamdiah dan Ahmad Nizar. 2019. “Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pecahan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika Siswaâ€. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, Vol. 4, No. 1, hal. 49-59
Ramadhan, Mustafa dkk. 2017. “Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berstandar Pisa Dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI)â€. Jurnal Kadikma, Vol. 8, No.1, hal. 145-153. https://jurnal.unej.ac.id diunduh pada tanggal 16 Januari 2020 pukul 17.00 WIB.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia https://luk.staff.ugm.ac.id diakses pada tanggal 13 April 2020 pukul 16.53 WIB.
UU No. 20 Tahun 2003 KI dan KD Matematika Kelas V https://www.websiteedukasi.com/ki-dan-kd-matematika-kelas-5-sdmik13. html diakses pada tanggal 13 April 2020 pukul 16.53 WIB.
Wahid, dkk. 2015. “Miskonsepsi Siswa Pada Materi Operasi Pada Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Haebat Islamâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 4, No. 1. https://jurnal.untan.ac.id/ diakses pada tanggal 17 April 2021 pukul 10.30 WIB.
Wandini, Rora Rizki. 2019. Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV Widya Puspita.
Yenssy, Nurul Astuti. 2020. “Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainmentâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 05 no. 01, Maret 2020. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr diunduh pada tanggal 16 September 2020 pukul 15.00 WIB.
Yulianingsih, dkk. 2018. “Analisis Kesalahan Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinangâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 2, Mei 2018. https://www.researchgate.net diunduh pada tanggal 18 Oktober 2020 pukul 15.50 WIB.
Yulianty, Nirmalasari. 2019. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistikâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 04 no. 01, Juni 2019. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7530 diunduh pada tanggal 16 September 2020 pukul 14.30 WIB.