Miskonsepsi Materi Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Nur Chosyiah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ryky Mandar Sary Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i4.1081

Kata Kunci:

Elementary School, Fraction, Misconception.

Abstrak

The purpose of this study was to describe the misconceptions of arithmetic operations material on fractions of grade V elementary school students. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The data source consisted of 26 students, then 6 students were taken to be interviewed based on the test scores obtained. Data collection methods used by researchers were tests, interviews and questionnaires. The data validity test was done by using triangulation techniques. The data analysis technique in this study uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results obtained were 19 students (73%) experienced misconceptions. Meanwhile, students who did not experience misconceptions about arithmetic operations on fractions were 7 students (27%). The dominant misconception is generalization misconception, followed by calculation misconception and notation misconception

Biografi Penulis

Nur Chosyiah, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Ryky Mandar Sary, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Filia Prima Artharina, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Damayani, Aries Tika dan Nyai Cintang. 2018. Pembelajaran Bilangan Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS.

Fadhilah, dkk. 2019. “Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hubungan Antar Garis Di Kelas IV Sekolah Dasarâ€. Seminar Pendidikan Nasional 1 Universitas PGRI Semarang (1), 315-322. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/download/387/232&ved=2ahUKEwit9ZTnt5LsAhXJeisKHeHOAK0QFj AAegQIChAC&usg=AOvVaw 0e6_sT-ReY4l154qAMWkMd diakses pada tanggal 20 Juni 2020 pukul 13.30 WIB.

Hakim, dkk. 2018. “Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas VIII Smp Lkia Pontianakâ€. Jurnal Pendidikan Vol. 7, No. 07 FKIP UNTAN.

Hayat, Fenny, Filia. 2014. Implementasi Model pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Melalui Pembelajaran Sains untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Prosiding Mathematics and Sciences forum 2014. Universitas PGRI Semarang. http://prosiding.upgris.co.id diakses pada tanggal 5 Oktober 2020 pukul 16.00.

Kurniadi, Yuhanes Lilyk. 2015. “Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pengurangan Perkalian Dan Pembagian Bilangan Pcahan Biasa Kelas V Sekolah Dasarâ€. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id diunduh pada tanggal 25 Juni 2019 pukul 12.30 WIB.

Malikha, Faisal Amir. 2018. “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B MIN Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematikaâ€. Jurnal Pi: Mathematics Education Journal Vol. 1, No. 2, April 2018, 75-81. https://ejournal.unikama.ac.id diunduh pada tanggal 24 Maret 2020 pukul 10.00 WIB.

Nurhamdiah dan Ahmad Nizar. 2019. “Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pecahan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika Siswaâ€. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, Vol. 4, No. 1, hal. 49-59

Ramadhan, Mustafa dkk. 2017. “Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berstandar Pisa Dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI)â€. Jurnal Kadikma, Vol. 8, No.1, hal. 145-153. https://jurnal.unej.ac.id diunduh pada tanggal 16 Januari 2020 pukul 17.00 WIB.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia https://luk.staff.ugm.ac.id diakses pada tanggal 13 April 2020 pukul 16.53 WIB.

UU No. 20 Tahun 2003 KI dan KD Matematika Kelas V https://www.websiteedukasi.com/ki-dan-kd-matematika-kelas-5-sdmik13. html diakses pada tanggal 13 April 2020 pukul 16.53 WIB.

Wahid, dkk. 2015. “Miskonsepsi Siswa Pada Materi Operasi Pada Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Haebat Islamâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 4, No. 1. https://jurnal.untan.ac.id/ diakses pada tanggal 17 April 2021 pukul 10.30 WIB.

Wandini, Rora Rizki. 2019. Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV Widya Puspita.

Yenssy, Nurul Astuti. 2020. “Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainmentâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 05 no. 01, Maret 2020. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr diunduh pada tanggal 16 September 2020 pukul 15.00 WIB.

Yulianingsih, dkk. 2018. “Analisis Kesalahan Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinangâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 2, Mei 2018. https://www.researchgate.net diunduh pada tanggal 18 Oktober 2020 pukul 15.50 WIB.

Yulianty, Nirmalasari. 2019. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistikâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 04 no. 01, Juni 2019. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7530 diunduh pada tanggal 16 September 2020 pukul 14.30 WIB.

Diterbitkan

2021-12-28

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check