Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV SDN Pedurungan Lor 01 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i4.1124Kata Kunci:
Ethnomathematic, Problem Based Learning (PBL), Learning Outcome.Abstrak
Referensi
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. (2015). Model - Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hardianti, Sylviyani. 2017. “Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambiâ€. Aksioma Vol 8 No 2. Diakses pada bulan November 2017.
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Setianingsih, Purnamasari, & Cintang. (2018). Diktat Mata Kuliah Teori-Teori Belajar. Semarang: PGSD FIP UPGRIS.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subekti, E. E., & Sukamto. (2019). Buku Pegangan Kuliah Statistika Penelitian. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Sudjana, N. (2010 ). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfbeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Yulianti, Yuyun. 2018. Matematika. Depok: Arya Duta.