Revitalisasi Tembang Dolanan Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter dan Penerapannya di SD Negeri Batursari 06 Mranggen

Penulis

  • Wita Ermayanti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ari Widyaningrum Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i4.1165

Kata Kunci:

Dolanan Song, Revitalization, Strengthening Character Education.

Abstrak

The purpose of this study was to describe the revitalization of the dolanan song towards strengthening the character education of students at SD Negeri Batursari 06 Mranggen and to describe the application of character values in the dolanan song at SD Negeri Batursari 06 Mranggen. This research method uses qualitative research methods. Data collection techniques come from observation, interviews, and questionnaires. The results of the analysis and discussion of the data obtained show that 1) the revitalization of the dolanan song towards the strengthening of character education at SD Negeri Batursari 06 has carried out revitalization with representation activities, by presenting dolanan songs through youtube and powerpoint media. (2) the application of character values in the dolanan song at SD Negeri Batursari 06 Mranggen has reached the moderate criteria in understanding the character values contained in the song dolanan Jaranan and Gundul-Gundul Pacul. Through the learning of the dolanan song, it is hoped that children will grow into cultured human beings, have good manners, have high character, have strong character, and are able to think critically, so that they are sensitive to social problems around them.

Biografi Penulis

Wita Ermayanti, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Ari Widyaningrum, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Mira Azizah, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arisyanto, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android Bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu Vol 5 No 3 Tahun 2021.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dinas Pendidikan. 2013. Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa Sekolah Dasar/ Sekolah Dasar Luar Biasa/ Madrasah Ibtidaiyah. Semarang: Provinsi Jawa Tengah.

Dwimulyani, Rochim. 2015. Representasi Kebudayaan Betawi dalam Video Mapping “Revitalisasi Kota Tua Jakartaâ€. Prosiding Penelitian SPeSIA 2015.

Erianto. 2001. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS.

Farida, dkk. 2016. Tembang Dolanan: Sebuah Refleksi Filosofi Jawa. Semarang: Balai Bahasa Jawa Tengah.

Fitriana Nurin. 2020. Revitalisasi dan Pengelolaan Potensi Desa Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara

Hartiningsih Sutji. 2015. “Revitalisasi Lagu Dolanan Anak Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal ATAVISME, Vol. 18, No. 2, Edisi Desember 2015: 247-259.

Koentjaraningrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Presiden No 87 Pasal 2 Tahun 2017, Penguatan Pendidikan Karakter, (http://www.setkab.go.id/wp-content/upload/2017/09/Perpres No 87 tahun 2017, ( Diakses 16 Januari 2021)

Piaget, Jean. &Barbel Inhelder. 2010. The Psychology of Child . Terj. Miftahul Jannah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Prabowo, Dhanu Priyo; Sri Widati, dkk. 2010. Ensiklopedi Sastra Jawa. Yogyakarta: Balai Bahasa Yogyakarta.

Purwadi, dkk. 2015. Tembang Dolanan (Lagu-lagu Jawa Disertai dengan Tafsir Maknanya buat Panduan Kehidupan Demi Memperkokoh Jati Diri Bangsa. Yogyakarta. Laras Media Prima.

Retnoningsih DA. 2019. Pembentukan Sikap Tata Krama Siswa Sekolah Dasar Melalui Revitalisasi Pembiasaan Tembang Dolanan. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 8 No. 2 Juli 2019.

S.Eko Putro Widoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta ; Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supanggah, Rahayu. 2008. â€Kesenimanan dalam revitalisasi kesenianâ€, http://RevitalisasiKesenianKethekOglengtradisilisan.logspot.com/2008/04/kesenimanan-dalamrevitalisasi kesenian.html.(diunduh pada 28 Februari 2021).

Warto. 2014. “Revitalisasi Kesenian Ketek Ogleng Untuk Mendukung Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Wonogiriâ€. Jurnal Paramita Vol. 24 No. 01-Januari 2014. Hlm. 47-62.

Wati, Irma Saras. 2018. “Nilai-Nilai Karakter Islami dalam Lirik Lagu Dolanan Anak Sluku-sluku Bathok dan Hubungannya dengan Materi Pembelajaran di SDâ€. PAI. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Purwokerto.

Diterbitkan

2021-12-28

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check