Analisis Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp pada Tema 4 Kelas VI SD Negeri Pengkol Jepara
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i4.1310Kata Kunci:
Online Learning, Problematika, WhatsApp.Abstrak
Referensi
Basri, I. K. 2017. “Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikulturalâ€. Jurnal Imiah Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 4.
Daheri, Mirzon., Juliana., Deriwanto., Amda, Ahmad Dibul. 2020. “Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daringâ€. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2, Nomor 1.
Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Dewi, W. A. F. 2020. “Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasarâ€. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2, Nomor 1.
Kemdikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19).
Kusumadewi, dkk. 2020. “Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak COVID-19 di SDâ€. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar). Volume 1, Nomor 1.
Novita, D., & Hatasuhut, A. R. Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.
Pangondian, R.A, dkk. 2019. “Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0â€. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & sains (SAINTEKS). Volume. 1, Nomor 1.
Prasetyo, R., & Zulela, M.S. Prpses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi WhatsApp Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Elementari Edukasia. Volume 4, Nomor 1.
Rasyidiana, A. 2021. “Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sains (IPA) Tingkat Dasar Di Masa Pandemi Covid-19â€. JURNAL BACIEDU. Volume 5, Nomor 4.
Sidiq, Umar, dan Choiri Moh. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Stevani, D. S. 2020. “Presentasi Interaktif Dalam Pembelajaran Daringâ€. EJPP (Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian). Volume 1, Nomor 1.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Anwar. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syarifudin, Albitar Septian. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 5, Nomor 1.
Yurianto, Ahmad, dkk. 2020. “Pedoman Pencegahan dan Pengendaliana CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.