Peningkatan Karakter dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Kartu Bergambar pada Siswa Kelas II SDI Bontoloe Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa

Penulis

  • Abrina Maulidnawati Jumrah Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i3.1327

Kata Kunci:

Character Building, Reading Ability, Picture Card Game Method.

Abstrak

The purpose of this research was to determine the character building and the reading ability of the second-grade students of SDI Bontoloe. The type of this research is Classroom Action Research (CAR) which consists of 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. This research was conducted at SDI Inpres Bontoloe in the odd semester of academic year 2020/2021. The subjects of this research were teachers and the second-grade students of SDI Bontoloe. The sample of this research is 17 students. The research instrument is observation, learning outcomes test and documentation. The data analysis technique is the analysis of teacher teaching and student learning activities, students’ character and students’ reading ability analysis. From the results of student learning activities in cycle I and cycle II, it can be concluded that there was an increase of reading ability of the second-grade students of SDI Bontoloe from 52.09% to 88.22%. Likewise, students’ learning outcomes have increased. It shows that there was an increase at students’ learning activities in reading ability through the use of picture card game method.

Biografi Penulis

Abrina Maulidnawati Jumrah, Universitas Islam Makassar

Dosen PGSD Universitas Islam Makassar

Referensi

Abidin, yunus. 2012 Pembelajaran Membaca Berbasis pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.

Ampuni, Sutarimah. Proses Kognitif Dalam Pemahaman Bacaan, Buletin psikologi. Tahun VI nomor 2 Desember 1998. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadja Mada.

Arikunto, Suharsini. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aulia. 2011. Mengajarkan Anak Membaca. Yogyakarta : Intan Media.

Binti Maunah. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa (Jurnal Skripsi), Tahun V, Nomor 1, 2015. Dalam https://www.google.com diakses tanggal 31 januari 2021 Pukul 10:00.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Faturrahman, & Khoiru Ahmadi, Hendro Ari Setyono. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Helyantini Suetopo. 2009 Pintar Memakai Alat Bantu Ajar. Esensi Erlangga Group.

Indrawati Yunidar dan Darmawan (jurnal) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar, Kreatif Tadulako Vol. 5 No. 4 ISSN 2354-614 X Dalam http://www.Co.id. di akses tanggal 31 januari 2020 pukul 10:00

Jeann Chall. 2011. Mengajarkan Anak Membaca. Yogyakarta: Intan Media

Kementrian Agama, Al-Quran dan Terjemahannya. Surabaya: Lentera Optima Pustaka, 2012

Kundharu Saddhono 2012 Meningkatkan keterampilan berbahasa indonesia. CV. Karya Putra Darwati: Bandung

Kurniasih Imas. 2017. Pendidikan karakter. Jakarta: Kata Pena

Lickona, Thomas. 2012. Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Masnur Muchlis. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muchlas Samani & Hariyanto. 2011. Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurbiana, Dhieni. 2011. Membaca Permulaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalim dkk 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Taman Kanak-Kanak Dasar. Jakarta: PT. Rosda Jayapura.

Rahim, Farida. 2010. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmah Novianti (Jurnal) Pengaruh Permainan Kartu Bergambar dan Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Volume 7 Edisi 2, November 2013 Dalam https://www.google.com diakses 02 Februari 2020 Pukul 21:00.

Slameto. 2011. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatiningrum Jamil. 2017. Streategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. 2011 Pendidikan dan Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 Ayat 1.

Diterbitkan

2021-10-02

Terbitan

Bagian

Articles