Peran Kepala Sekolah untuk Menumbuhkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Mi Falahussyabab
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i3.1337Kata Kunci:
Principal Leadership, School Literacy Movement, MI Falahussyabab.Abstrak
Referensi
Ahmad Suriansyah, A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat dalam Membentuk Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, 34(2), 234–246. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828.
Alif Luthvi Azizah, Abdul Majid Latief, A. T. (2018). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 199–219. https://doi.org/https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.16
Atiqullah. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kelas Unggulan. Jurnal Nuansa, 8(1), 90–100.
Dewantara, K. H. (2013). Pemikiran, Konsep, Keteladanan, Sikap Merdeka. UST-Press.
Dewi Kartini, Y. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Mensukseskan Program Literasi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 137–144. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2902
Hasanah, N. (2017). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN. Al-Ittizam, 2(1), 24–50.
Jumrah, A. M. (2021). Pengaruh Motode Eksperimen Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 66–77.
Kemdikbud-RI. (2020). Laporan Kinerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbud, S. G. L. S. (2019). Gerakan literasi sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Labudasari, E., Rochmah, E., Cirebon, U. M., & Cirebon, U. M. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. 9(1), 57–63. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254
Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 66–86.
Pendidikan, F. I., Jakarta, U. M., Purwadi, P., Hendrik, M., & Arafatun, S. K. (2019). Gerakan literasi sekolah (gls) tahap pembiasaan: perbedaan implementasi antara sd negeri 3 pangkalpinang dengan sd stkip muhammadiyah bangka belitung. Prosiding, 280–296.
Rahmah Kumullah, Ahmad Yusuf, H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 113–120.
Ramandanu, F. (2019). GERAKAN LITERASI SEKOLAH ( GLS ) MELALUI PEMANFAATAN SUDUT BACA KELAS SEBAGAI SARANA ALTERNATIF PENUMBUHAN MINAT BACA. Jurnal Mimbar, 24(1), 10–19.
Suharsimi Arikunto. (2016). Prosedur Penelitisn Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Widiada, K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah Di SDN 02 Dan 04 Lombok Barat. Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 53–60. http://journal.unram.ac.id/index.php/jiwpp