Implementasi Model Pembelajaran Daring pada masa Pandemi Covid-19 di Kelas IV SDN Tondokerto Tahun Ajaran 2020/2021

Penulis

  • Laras Widia Ningrum UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, Indonesia
  • Moh Aniq Khairul Basyar UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, Indonesia
  • Singgih Adhi Prasetyo UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1390

Kata Kunci:

Implementation, Learning model, Online Learning.

Abstrak

This research is based on the government's policy to enforce online learning in schools. The purpose of this study is to determine the implementation of online learning at SD Negeri Tondokert. This research method is a descriptive qualitative research. The data sources of this research are teachers, fourth grade students. The data obtained from this research are in the form of interviews and documentation. Based on the research findings from the analysis and discussion that have been described, the researchers obtained the results of the analysis that the implementation of online learning in class IV SDN Todokerto utilized various applications including whatsapp, google foam, zoom meeting,. For the evaluation given by the teacher to students through test paper and google form. The weakness in online learning is that the material cannot be conveyed in its entirety, and there are still many students who do not have their own devices, on the other hand online learning has advantages including being flexible, it can be done anytime and anywhere, teachers and students can use applications such as Google Forms, Zoom Meetings. In online learning, of course, there are supporting factors, including gadgets, internet networks, as well as parents and the environment.

Biografi Penulis

Laras Widia Ningrum, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Mahasiswa PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Moh Aniq Khairul Basyar, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Singgih Adhi Prasetyo, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-56.

Haerul, Haedar Akib dan Hamdan. 2016. Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa (MTR) di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Volume 6, Nomor 2.

Isman. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (MODA DARING). ISBN: 978-602-361-0457

Juni Prinasa, donni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 1-136.

Keputusan Presiden No 12 Tahun 2020, TENTANG PENETAPAN BENCANA NON ALAM PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) SEBAGAI BENCANA NASIONAL.

Keputusan Presiden No. 11 Tahun 2020, TENTANG PENETAPAN KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT COVID-19.

Khusniyah, Nurul Lailatul dkk. 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17 (1).

Martono, Nanang. 2015. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik.Bandung: Alfabeta CV

Naserly, Mursyid Kamsir. 2020. Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapps Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Jurnal Aksara Publik, 4(2), 155-165.

Nurdyansyah. Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Padjar,S.,Suprapti.,Danang., Febryantahanuji. 2019. Media Pembelajaran E- Learning Dengan Metode Parsing Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer P-ISSN: 1970-6738 E-ISSN: 2538-0082.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Surat Edaran Bupati Pati No 443.1/037 Tahun 2021, TENTANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT UNTUK PENGENDALIAN PENYEBARAN COVID-19 DI KABUPATEN PATI.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 TAHUN 2O2O TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 PADA SATUAN PENDIDIKAN .

Diterbitkan

2022-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check