Keefektifan Media Pembelajaran Video Materi Matematika Pecahan Secara Daring di Sekolah Dasar

Penulis

  • Ayuk Sri Windarti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • M. Yusuf Setia Wardana Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1466

Kata Kunci:

Video Learning Media, Math Fractions, Class V.

Abstrak

Learning media has an important role in attracting students' interest and as an intermediary for learning activities from teachers to students. The difficulties that exist in mathematics subject require the creativity of mathematics subject teachers to develop their learning, both in terms of methods and media used. This study aims to determine the effectiveness of video learning media for fractional mathematics online in elementary schools. There is an experimental class and a control class from class V from elementary school. The results showed that the use of video learning media for fractional mathematics was effective. The errors that still appear after the research is done are that there are still some students who have not equated the denominator when working on the problem.

Biografi Penulis

Ayuk Sri Windarti, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD, Universitas PGRI Semarang.

M. Yusuf Setia Wardana, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, Universitas PGRI Semarang.

Bagus Ardi Saputro, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, Universitas PGRI Semarang.

Referensi

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S.2016. Peningkatan kemampuan pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3 (1), 47-54.

Hayati, Sri. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia: Magelang.

Izomi, Awalia. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1): 49-56. Diakses 04 Maret 2021

Mustakim, M. 2020. Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2 (1), 1-12.

Musyaroah, Siti. 2017. Efektivitas Mobile Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran. Lembaran Ilmu Pendidikan. Vol 46. No. 1

Nugroho, Tri Adi. 2015. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. PGSD. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuraini, N. 2016. Kesalahan Siswa pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah dasar, 25 (2), 168-175.

Ponza, Putu Jerry Raditya. 2018. Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1): 9-19.

Pratiwi, Lanjar. 2015. Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa di Sekolah Dasar. PGSD FKIP. Universitas Islam Sultan Agung.

Rahayuningrum, A., dan Setiawan F. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Kelas V SD Dalam Menyelesaikan Masalah Sehari-Hari yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Pecahan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika: Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Antasari Press: Banjarmasin.

Rizqy, Galih Maulana. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Feature Video dalam mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN 2 Demak. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Sani, Abdullah.2019. Strategi Belajar Mengajar. Rajawali Press: Depok.

Setianingrum, Z. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dalam Pembagian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas II di SDN Sinduadi 2 dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29 (5).

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia: Yogyakarta.

Tim penyusun. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Wardana, M.Y.S., & Damayani, A.T. 2017. Perspektif Siswa terhadap Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 3 (2017): 451-462.

Diterbitkan

2022-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check