Keefektifan Media Pembelajaran Video Materi Matematika Pecahan Secara Daring di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1466Kata Kunci:
Video Learning Media, Math Fractions, Class V.Abstrak
Referensi
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S.2016. Peningkatan kemampuan pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3 (1), 47-54.
Hayati, Sri. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia: Magelang.
Izomi, Awalia. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1): 49-56. Diakses 04 Maret 2021
Mustakim, M. 2020. Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2 (1), 1-12.
Musyaroah, Siti. 2017. Efektivitas Mobile Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran. Lembaran Ilmu Pendidikan. Vol 46. No. 1
Nugroho, Tri Adi. 2015. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. PGSD. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nuraini, N. 2016. Kesalahan Siswa pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah dasar, 25 (2), 168-175.
Ponza, Putu Jerry Raditya. 2018. Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1): 9-19.
Pratiwi, Lanjar. 2015. Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa di Sekolah Dasar. PGSD FKIP. Universitas Islam Sultan Agung.
Rahayuningrum, A., dan Setiawan F. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Kelas V SD Dalam Menyelesaikan Masalah Sehari-Hari yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Pecahan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika: Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Antasari Press: Banjarmasin.
Rizqy, Galih Maulana. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Feature Video dalam mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN 2 Demak. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Sani, Abdullah.2019. Strategi Belajar Mengajar. Rajawali Press: Depok.
Setianingrum, Z. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dalam Pembagian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas II di SDN Sinduadi 2 dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29 (5).
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia: Yogyakarta.
Tim penyusun. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Wardana, M.Y.S., & Damayani, A.T. 2017. Perspektif Siswa terhadap Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 3 (2017): 451-462.