Analisis Kemampuan Berbicara Anak dalam Penggunaan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Sidoluhur 01 Kecamatan Jaken

Penulis

  • Rani Khusnul Fitria Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1468

Kata Kunci:

Language aspects, Research results, Speaking ability using Indonesian.

Abstrak

The purpose of this study is to describe and explain how the speaking ability of grade 3 elementary school students in Sidoluhur 01 in using Indonesian properly and correctly. The method used in this research is descriptive qualitative. This study uses instruments in the form of interviews, observations, and documentation. The subjects of this study were class teachers and students of grade 3 elementary school students in Sidoluhur 01. The results of the analysis of this study were the level of speaking ability of grade 3 students at elementary school of Sidoluhur 01, included in the medium category, namely 11 students from 13 students were able to have sufficient speaking skills, good for the size in grade 3 elementary school who is undergoing development both psychologically and physically. If it is improved again with regular and directed Indonesian learning, it is very likely that students' speaking skills will increase and fall into the good or even very good category.

Biografi Penulis

Rani Khusnul Fitria, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD, Universitas PGRI Semarang

Mei Fita Asri Untari, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, Universitas PGRI Semarang

Iin Purnamasari, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Alwi, H. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Amalia, N. (2016). Rencana Intervensi Penulisan Naratif: Analisis Kebutuhan Pembelajaran Keaksaraan Siswa. Artikel Konferensi Internasional tentang Bahasa, Sastra dan Pengajaran.

Amaniya,I. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mendongeng Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas III Mi As-Syafhyyah Pomahanjanggan Turi Lamongan. Program Studi PGMI.Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: Surabaya.

Anifah, R.N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dalam Materi Segiempat. FMIPA. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Darmuki, Agus, dkk. (2016). Model Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbicara Untuk Pendidikan Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Artikel Konferensi Internasional tentang Bahasa, Sastra dan Pengajaran. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Feronica, S. (2016). Analisis Keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya pada mata pelajaran bahasa indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sriwijaya. Indralaya.

G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hurlock, E. B.( 2013). Perkembangan Anak Jilid 2. (Alih Bahasa: dr. Med. Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Iskandarwassid., & Sunendar.H.D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Isnani. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Wates. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Juminingsih & Samino. (2015). Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sdit Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura Tahun 2013/2014. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol.2 No.1. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Karuniawidi, F. B. (2019). Analisis kemampuan Berbahasa Siswa Segugus Lebakharjo Kecamatan Ampelgading. Seminar Nasional. PGSD UNIKAMA, Vol 3.

Karuniawidi, F. B. (2019). Analisis Kemampuan Berbahasa Siswa Segugus Lebakharjo Kecamatan Ampelgading. Seminar nasional PGSD UNIKAMA, Vol 3.

Leksono, G.P. (2013). Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Tinggi Di SD Negeri 1 Kedunglegok, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Program Studi pendidikan Guru sekolah dasar. Fakultas ilmu pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Lindawati, N.P., & Fenny S. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Dengan Teknik Role Play Pada Siswa Kelas X SMA Dwijendra Denpasar. Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia: Bandung.

Puspayani, A D,. Putrayasa & Arifin. (2013). Perbedaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Antara Siswa Yang Menggunakan Bahasa Indonesia Dan Siswa Yang Menggunakan Bahasa Campuran Di Dalam Keluarga Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 8 Sumerta. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (Volume 2 tahun 2013).

Saddhono, K, S.(2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Salimah. (2011). Dampak Penerapan Bermain Dengan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Jurnal Edisi Khusus.

Saputri, R. W. (2018). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Tinggi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Selo. Program studi Pendidikan Guru sekolah dasar. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Setyo,W. (2011). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Pengalaman Berbahasa di Sekolah Dasar. Jakarta. Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suharyanti. (2011). Pengantar Dasar Keterampilan Berbicara. Surakarta: Yuma Pustaka Tarigan, H.

Diterbitkan

2022-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check