Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Muslim Buton
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i4.1478Kata Kunci:
Effectiveness, Google Classroom, Motivation to learn.Abstrak
Referensi
Bute, A. (2020). Google classroom: A substitute to classroom teaching in engineering colleges. Research Journal of English Language and Literature (RJELAL), 8(2), 240–244. https://doi.org/10.33329/rjelal.8.2.240 Cristiano & Triana, 2019; Shaharanee, Jamil, & Rodzi, 2016).
Degeng, Nyoman S. 2013. Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Hammi, Zedha. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang.
Hanifah, W., & Putri, K. Y. S. (2020). Efektivitas komunikasi google classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24–35. Islam, 2019.
Hayami, Regiolina, dkk. 2018. Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol.2 No.1, Mei 2018. ISSN : 2550-0198.
Henukh, A., Rosdianto, H., & Oikawa, S. (2020). Implementation of google classroom as multimedia learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i1.153.
Hussaini, I., Ibrahim, S., Wali, B., Libata, I., & Musa, U. (2020). Effectiveness of google classroom as a digital tool in teaching and learning: Students’ perceptions. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 4(4), 3–7.
Islam, M. S. (2019). Bangladesh University students’ perception on using google classroom for teaching english. International Journal of Psycho-Educational Sciences, 8(2), 57–65.
Jannah, Miftahul dan Nurdiyanti. 2021. Pengaruh Pembelajaran Online Berbantuan Google classroom Terhadap Hasil Belajar peserta didik pada Materi Sistem Peredaraan Darah pada Manusia. Makassar: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran JRIP.
Nirfayanti dan Nurbaeti. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros. Maros: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 26158132.
Okmawati, M. (2020). The use of google classroom during pandemic. Journal of English Language Teaching, 9(2), 438–443.
Rahmanto, Arifin dan Bunyamin. 2020. Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Makassar: Jurnal Online http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi. P ISSN 2087-7064 dan E ISSN 2549-7146. Diakses juli 2021.
Rohmah, L. (2011). Konsep e-learning dan aplikasinya pada lembaga pendidikan Islam. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 3(2), 255-270
Sudibjo, Ari. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Google Classroom pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respon Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Education and Development. 7(3): 278.
Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2).