Minat Belajar dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SD Negeri Kepohagung Rembang
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1500Kata Kunci:
Covid-19, Interest in Learning, Online Learning, Students.Abstrak
Referensi
Abroto., Pratowo, A., & Anantama, R. 2021. Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education. 5(2) 1632-1638.
Bhagaskara, A. E., Afifah, E. N., & Putra E. M. 2021. Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Berbasis Whatsapp di SD Yapita. Zahra: Research And Thought Elementary School Of Islami Journal. 2(1) 13-23.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Jumawati, J., Satriawati, S., & Sabillah, B. M. 2020. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD Unimerz Pada Mata Pelajaran Kuliah Pendidikan Matematika. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 5(2) 106-111.
Nugraha, A. S., Sudiatmi, T., & Suswandari, M., 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(3) 265-276.
Rohmah, S., Hartatik, S., Akhwani. & Susanto. 2021. Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education. 5(4) 2472-2481.
Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring di Kelas Va SDN Lembursitu. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 3(2) 224-232.
Sirait, E. D. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 6(1) 35-43.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sobron, A.N., Bayu. Rani. & Meidawati. 2019. Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding: Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship. 1(1) 1-5.
Subiakto, A. R. P. 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Putradharma Terhadap Mata Pelajaran IPA Terpadu Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Surat Edaran Kemendikbud No 4 Tahun 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tanjung, R., Ritonga, T., & Siregar, E. Y. 2021. Analisis Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Ujung Batu Barus. Jurnal MethEdu: Mathematic Education Journal. 4(1) 88-96.
Yanti, M. T., Kurnanto, E., & Kurniawan, A. R. 2020. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. 5(1) 61-68.
Yunitasari, R., & Hanifah, U., 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3) 232-243.