ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN METODE UMMI DENGAN KEMAMPUAN BACA QUR’AN SISWA SDIT KHOIRU UMMAH LIWA

Penulis

  • Rendy Rinaldy Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al - Multazam Lampung Barat

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i1.156

Kata Kunci:

pgmi, metode pembelajaran, metod ummi, stit

Abstrak

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai hubungan antara penerapan metode UMMI dengan kemampuan baca Qur’an siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional yang merupakan suatu metode dengan cara menjelaskan hubungan dari satu variabel dengan variabel yang lain.berdasarkan pembahasan serta uji hipotesi yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Penerapan metode UMMI yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa sudah dilaksanakan dengan baik, (2) Kemampuan baca Qur’an siswa  Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa tergolong baik, (3) Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa nilai r hitung ( 0,911 ) lebih besar dari r tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara metode UMMI dengan kemampuan baca Qur’an siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa, dan (4) Hubungan antara variabel metode UMMI dengan variabel kemampuan baca Qur’an siswa  Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa tergolong tinggi dengan arah korelasi yang psoitif (+)

 

Kata Kunci :metode UMMI, Kemampuan Baca Qur’an.

Diterbitkan

2018-10-03

Terbitan

Bagian

Articles