Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point Untuk Kelas V Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 di Sekolah Dasar Negeri Giling
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.1595Kata Kunci:
Based on Microsoft Powerpoint, Development, Interactive media.Abstrak
The objectives to be achieved in this research are the validity and feasibility of Microsoft PowerPoint for class V Theme 3 Subtheme 1 in Elementary School. This type of research is research development Research and Development (R & D) is a research method used to make a product and test the effectiveness of the product only to a limited trial or only at stage six of the ten steps of the Borg & Gall model, namely Research and information collecting, Planning, Develop preliminary form of product, Preliminary field testing, Main product revision, Main field testing. The subjects of this research are teachers and students of SD Negeri Giling 01. This research is based on the aim of developing interactive learning media based on Microsoft powerpoint that is suitable for use by elementary school students. The research method used is the Borg and Gall method with six steps out of ten research steps. The analysis technique in this study uses observation, interviews, and questionnaire responses. The results of the research, the media tested, is very feasible and efficient to be a learning medium in class V Elementary School.
Referensi
Abdul Majid. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmad, S. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Amalia, M. D., Agustina, F., & Sulianto, J. (2017). Pengembangan media diorama pada pembelajaran tematik terintegrasi tema indahnya negeriku untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 185-198
Andi Prastowo. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Andriana, E. 2017. Pengembangan multimedia pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 186-200.
Anwar, H. 2017. Pengembangan Multimedia Biologi pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Macromedia Flash untuk Siswa Kelas VIII SMP. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 43-49.
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Azwar, Syarifuddin. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Borg, W.R. dan Gall, M. D. 1983; â€Educational Research An Introductionâ€, New York : Longman.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gavamedia.
Irfan. 2009. Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. IJPE, vol 3 No 2.
Istiningsih. 2012. Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Skipta Media Creative.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.
Limbong, Y. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT mengacu pada kurikulum SD 2013 sub tema macam-macam sumber energi untuk siswa kelas IV SD Negeri Kalasan 1. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Mustakim, F. H. 2014. Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membandingkan Nilai Bilangan Pecahan Yang Berbeda Pada Peserta Didik Kelas Iii C Sd Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.
Nurlatifah, A. A. 2015. Pengembangan media pembelajaran ipa berbasis Microsoft office power point interaktif pada siswa kelas IV sd negeri Ngrukeman Kasihan Bantul. Jurnal PGSD Indonesia, 1(2).
Priyanto, D. 2009. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 92-110.
Putra, N. 2011. Research & Development Penelitian dan Pengembangan : Suatu Pengantar. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Samatowa, U. 2011. Pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jakarta: PT Indeks.
Santyasa, I. W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung. Banjar Angkan.
Sari, C. W., & Reffiane, F. 2018. Keefektifan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dengan media animasi interaktif terhadap hasil belajar pada mapel IPA. In SEMINAR NASIONAL PGSD 2017.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode penelitian dan pengembangan,( Research and development). Bandung: Alfabeta.
Sujana, A. 2013. Pendidikan IPA, Bandung. Bandung: Rizki Press.
Taufik, A.,dkk. 2011.Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wenda, D. D. N. 2016. Pengembangan bahan ajar multimedia untuk pembelajaran IPA SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 3(1).