Efektivitas Penerapan Model Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Barombong III Kota Makassar

Penulis

  • Sri Kurnia Rahayu Universitas Megarezky
  • Syamsul Alam Universitas Megarezky
  • Waddi Fatimah Universitas Megarezky
  • Cayati Cayati Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.1615

Kata Kunci:

Interactive Models, Learning Outcomes, Science.

Abstrak

This research aimed to determine the effectiveness of the application of the interactive model on the science learning outcomes of V class UPT SPF SD Inpres Barombong III Kota Makassar City. The population in this research, namely class VA and VB consisted of 48 students and the samples in this research were all students of class VA SD Inpres Barombong III Kota Makassar city, which consisted of 24 students, the total number of samples used 24 students with simple random sampling technique. The instruments used students’ activity observation sheets, tests and questionnaires. As well as data collection techniques, namely observation sheets, tests, and questionnaires. The results of this research by using descriptive statistical analysis, the average value of the interactive model was 82 in the good category and the value of science learning outcomes was 82.29 in the category. Inferential statistical analysis, the results of the normality test Pretest 0.97 and Posttest 203 > 0.05, the homogeneity test result was 408 > 0.05 (homogeneous), the results of the hypothesis test showed the value of sig 0.00 with criteria Sig (0.00) > a (0.05).

Biografi Penulis

Sri Kurnia Rahayu, Universitas Megarezky

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD) Universitas Megarezky Makassar

Syamsul Alam, Universitas Megarezky

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD) Universitas Megarezky Makassar

Waddi Fatimah, Universitas Megarezky

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD) Universitas Megarezky Makassar

Cayati Cayati, Universitas Megarezky

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD) Universitas Megarezky Makassar

Referensi

Aji Herry Setiawan. 2017. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantu Multimedia Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 2 Bandar Lampung. Skripsi.

Amaliyah,N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPS. Satya Widya, 35(2),126-139.

Baeti Susi Nur. 2020. Penerapan Pembelajaran IPA Di Alam Terbuka Kelas V SD Negeri 2 Banjarrego Batanghari Lampung Timur. Skripsi.

Budianto Irwin, 2020. Komparasi Keefektifan Metode Tutor Sebaya dengan Metode Pembelajaran Berkelompok dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Skripsi. FKIP, Universitas Megarezky Makassar. Skripsi.

Dimyati Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Prenada Media Group.

Eka, F. H. (2014). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match dan Pengajaran Langsung dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Muhammad Darwis M) (Doctoral dissertation, University Negeri Makassar).

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Hak Cipta.

Iin Nurhalisa.2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa V MIN 4 Aceh Besar. Skripsi.

Irina Fristiana. 2017. Metode Penelitian Terapan. Yogyakarta: Penerbit Parana Ilmu.

K. Gilang. R. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jawa Tengah. Penerbit Lutfi Gilang.

Kompri. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L.E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiknas, 4(1).

Nursalam Muhammad. 2020. Efektivitas Model Quantum Teaching Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN Salupompong Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Skripsi.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Susanto Ahmad. 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintahan tentang Standar Nasional Pendidikan serta wajib belajar. Bandung: Cipta Umbara.

Widiantono Nugroho, Harjono Nyoto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 3, September 2017: 199-213.

Yolandasari Mega Berliana. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali. Skripsi.

Diterbitkan

2022-07-17

Terbitan

Bagian

Articles