Pola Asuh Anak yang Ditinggal Merantau: Studi Kasus pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sendang Kulon Kendal
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.1648Kata Kunci:
Parenting Patterns, Parents Wander, Student Learning Outcomes.Abstrak
Referensi
Aini, Siti Qorrotu. 2015. “Kenakalan Remaja Awal di Lingkungan Sekolah Ditinjau Dari Ketidakhadiran Orang Tua Karena Merantauâ€. Dalam Jurnal Litbang Vol. 11, No. 2, Desember 2015. Diakses dari https://ejurnal-litbang.patikab.go.id/index.php/jl/article/view/70
Anisah, Ani Siti. 2011. “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anakâ€. Dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 5, No. 1, 2011. Diakses dari https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/43
Aritonang, Keke T. 2008. “Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswaâ€. Dalam Jurnal Pendidikan Penabur. Vol.7, No.10, Juni 2008. Diakses dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=guru+hasil+belajar+siswa&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DQbVwb1gY2ugJ
Ayuningtyas, Anissa Ardi dkk. 2020. “Pembentukan Peran Gender Perempuan Etnis Minangkabau yang Merantauâ€. Dalam Jurnal Psikologi Vol. 16, No. 2, Desember 2020. Diakses dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/10371
Djamarah. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Khikmah, Siti Khizatul. 2017. Pola Asuh Orangtua dan Prestasi belajar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gedungrejo Kebumen. Skripsi: Universitas PGRI Semarang.
Kusumawati, Ois Dian Tri, Agus Wahyudin dan Subagyo Subagyo. 2017. “Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandunganâ€. Dalam Educational Management Vol.6, No.2, Desember 2017. Diakses dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pola+asuh+dan+hasil+belajar&oq=pol#d=gs_qabs&u=%23p%3Dd8dDehP4px0J
Maesaroh, Siti. 2018. Analisis Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Pandan Rembang. Skripsi: Universitas Pgri Semarang.
Parwati, Ni Nyoman dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rianty, Almira dkk. 2004. “Merantau Sebagai Refleksi Ideologi Gender Masyarakat Motean, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengahâ€. Dalam Jurnal Humanika Vol.17, No.4, Oktober 2004. Diakses dari http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?datald=2127
Rizqi, Neza Irma Nurbahria. 2013. Pola Pendidikan Anak Usia 6-12 Tahun Yang Ditinggal Merantau Orang Tua (Kasus Di Dukuh Ketengahan Desa Lebaksiu Kidul Kec. Lebaksiu Kab. Tegal). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rusli S. 2012. Pengantar Ilmu Kependudukan. Jakarta ID: LP3ES.
Santrock, John W. 1995. Life Span Development. Jakarta: Erlangga.
Samsidar dan Supriadi Torro. 2019. “Pola Asuh Keluarga Perantau (Studi Kasus Pada Anak Di Dusun Mabbiring Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone)â€. Dalam Jurnal Sosialisasi Vol. 6, Juli 2019. Diakses dari http://103.760.195?sosialisasi/article/view/13243
Sari, Dita Ratna, Mizaniya, dan Ahmad Noviansah. 2020. “Perilaku Agresif Anak Disebabkan Orang Tua Merantauâ€. Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 5, No. 1, Juli-Desember 2020. Diakses dari https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/396
Setianingsih, Eka Sari dkk.2017. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Upgris Press.
Sinurattri, Wahyu dan Endang Mulyatiningsih. 2017. “Pola Pengasuhan dan Hasil Belajar Pada Anak yang Ditinggal Merantau Orang Tuaâ€. Dalam Jurnal Pendidikan Teknik Boga Vol. 6 No. 7, 2017. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/boga/article/view/10211/9775
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.