Pola Asuh Anak yang Ditinggal Merantau: Studi Kasus pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sendang Kulon Kendal

Penulis

  • Wahyu Adiningsih Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Eka Sari Setianingsih Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Khusnul Fajriyah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.1648

Kata Kunci:

Parenting Patterns, Parents Wander, Student Learning Outcomes.

Abstrak

This research is motivated by the lack of awareness of parents about the importance of providing effective parenting for children, especially for children who are left to wander and to find out how the learning outcomes of children who are left wandering. This type of research is descriptive qualitative with a descriptive percentage approach. The subjects of the study were fifth grade students of SD Negeri 1 Sendang Kulon whose parents went abroad and parents or guardians of students who took care of their children at home. Based on data collection using interviews, observations, questionnaires, and documentation, the results showed that there were three parenting patterns applied by parents or guardians to students who were left to wander, including 71.4% of the parenting styles tended to be democratic, 14, 3% of parenting tend to be authoritarian, and 14.3% of parenting tend to be permissive. Students with democratic parenting tend to have good and very good learning outcomes. Students with authoritarian parenting tend to have good learning outcomes. And students with permissive parenting tend to have good learning outcomes. The conclusion of this study is that giving good parenting to children can make it easier to improve children's learning outcomes.

Biografi Penulis

Wahyu Adiningsih, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang

Eka Sari Setianingsih, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD Universitas PGRI Semarang

Khusnul Fajriyah, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD Universitas PGRI Semarang

Referensi

Aini, Siti Qorrotu. 2015. “Kenakalan Remaja Awal di Lingkungan Sekolah Ditinjau Dari Ketidakhadiran Orang Tua Karena Merantauâ€. Dalam Jurnal Litbang Vol. 11, No. 2, Desember 2015. Diakses dari https://ejurnal-litbang.patikab.go.id/index.php/jl/article/view/70

Anisah, Ani Siti. 2011. “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anakâ€. Dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 5, No. 1, 2011. Diakses dari https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/43

Aritonang, Keke T. 2008. “Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswaâ€. Dalam Jurnal Pendidikan Penabur. Vol.7, No.10, Juni 2008. Diakses dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=guru+hasil+belajar+siswa&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DQbVwb1gY2ugJ

Ayuningtyas, Anissa Ardi dkk. 2020. “Pembentukan Peran Gender Perempuan Etnis Minangkabau yang Merantauâ€. Dalam Jurnal Psikologi Vol. 16, No. 2, Desember 2020. Diakses dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/10371

Djamarah. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Khikmah, Siti Khizatul. 2017. Pola Asuh Orangtua dan Prestasi belajar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gedungrejo Kebumen. Skripsi: Universitas PGRI Semarang.

Kusumawati, Ois Dian Tri, Agus Wahyudin dan Subagyo Subagyo. 2017. “Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandunganâ€. Dalam Educational Management Vol.6, No.2, Desember 2017. Diakses dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pola+asuh+dan+hasil+belajar&oq=pol#d=gs_qabs&u=%23p%3Dd8dDehP4px0J

Maesaroh, Siti. 2018. Analisis Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Pandan Rembang. Skripsi: Universitas Pgri Semarang.

Parwati, Ni Nyoman dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rianty, Almira dkk. 2004. “Merantau Sebagai Refleksi Ideologi Gender Masyarakat Motean, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengahâ€. Dalam Jurnal Humanika Vol.17, No.4, Oktober 2004. Diakses dari http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?datald=2127

Rizqi, Neza Irma Nurbahria. 2013. Pola Pendidikan Anak Usia 6-12 Tahun Yang Ditinggal Merantau Orang Tua (Kasus Di Dukuh Ketengahan Desa Lebaksiu Kidul Kec. Lebaksiu Kab. Tegal). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rusli S. 2012. Pengantar Ilmu Kependudukan. Jakarta ID: LP3ES.

Santrock, John W. 1995. Life Span Development. Jakarta: Erlangga.

Samsidar dan Supriadi Torro. 2019. “Pola Asuh Keluarga Perantau (Studi Kasus Pada Anak Di Dusun Mabbiring Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone)â€. Dalam Jurnal Sosialisasi Vol. 6, Juli 2019. Diakses dari http://103.760.195?sosialisasi/article/view/13243

Sari, Dita Ratna, Mizaniya, dan Ahmad Noviansah. 2020. “Perilaku Agresif Anak Disebabkan Orang Tua Merantauâ€. Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 5, No. 1, Juli-Desember 2020. Diakses dari https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/396

Setianingsih, Eka Sari dkk.2017. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Upgris Press.

Sinurattri, Wahyu dan Endang Mulyatiningsih. 2017. “Pola Pengasuhan dan Hasil Belajar Pada Anak yang Ditinggal Merantau Orang Tuaâ€. Dalam Jurnal Pendidikan Teknik Boga Vol. 6 No. 7, 2017. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/boga/article/view/10211/9775

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Diterbitkan

2022-07-17

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check