Meningkatan Minat Belajar Melalui Model Reciprocal Teaching pada Murid Kelas V SD Inpres Antang 1 Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1865Kata Kunci:
Reciprocal Teaching, Student interest, Upgrade.Abstrak
Referensi
Dimyati & Mudjiono, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Ekawarna, 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat-Jakarta Selatan. GP Press Group.
Haerini, R, dkk. 2019. Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Era Teknologi. JPMI– Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. X, 2 (5), 229-236.
Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol. 2 (1).
Lapono, Nabisi. Dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Mubarokah, I, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Subtema 3 Tentang Memelihara Ekosistem Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Palapa Kota Bandar Lampung. Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Muslich Masnur. 2019. Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pophan, James. S. dkk. Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Ratiningsih, Ni Made Budi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X AP di SMK Nusa Dua Sawan Tahun Ajaran 2012/2013. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. Vol 2 (4). 581.
Rohmah, R. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Blitar. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Septikasari, R. 2017. Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Bacaan Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas V Di MI Al Musthofa Belitang III. Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Konsentrasi PAI MI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Suhirman, 2015. Penerapan Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pokok Bahasan Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Siswa Kelas VI A SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul-Jember. Jurnal Pendidikan, Vol 4 (4). 195 – 206.
Sulistiyono, F. 2014. Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas I Melalui Metode Story Telling di SD N Gembongan Sentolo Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta.
Winataputra, S.U. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Depdiknas