Meningkatan Minat Belajar Melalui Model Reciprocal Teaching pada Murid Kelas V SD Inpres Antang 1 Kota Makassar

Penulis

  • Abdul Wahid STKIP ANDI MATAPPA, Indonesia
  • Nur Afni Universitas Islam Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1865

Kata Kunci:

Reciprocal Teaching, Student interest, Upgrade.

Abstrak

This study examines Increasing Interest in Learning through the Reciprocal Teaching Model in Class V Students of SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. The main problems in the research are; How to increase interest in learning through the Reciprocal Teaching model in fifth grade students at SD Inpres Antang 1, Makassar Regency. The main objective of this research is to increase students' interest in learning and apply the Reciprocal Teaching model to increase learning interest in fifth grade students of SD Inpres Antang 1, Makassar Regency. This research uses classroom action research. The research subjects were fifth grade students at SD Inpres Antang 1 which consisted of 10 boys and 14 girls. The data collection procedure used observation, student learning interest questionnaires, and documentation. Data analysis used descriptive analysis. The results showed that the student's interest in learning in the first cycle with the percentage of classical student interest in learning was 58.3% and there was an increase in learning interest in the second cycle with the percentage of classical student interest in learning 83.3%, so there was an increase in student interest in learning from cycle I to cycle II.

Biografi Penulis

Abdul Wahid, STKIP ANDI MATAPPA

Dosen PGSD

Nur Afni, Universitas Islam Makassar

Dosen PGSD, FKIP Universitas Islam Makassar

Referensi

Dimyati & Mudjiono, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Ekawarna, 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat-Jakarta Selatan. GP Press Group.

Haerini, R, dkk. 2019. Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Era Teknologi. JPMI– Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. X, 2 (5), 229-236.

Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol. 2 (1).

Lapono, Nabisi. Dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Mubarokah, I, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Subtema 3 Tentang Memelihara Ekosistem Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Palapa Kota Bandar Lampung. Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Muslich Masnur. 2019. Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pophan, James. S. dkk. Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Ratiningsih, Ni Made Budi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X AP di SMK Nusa Dua Sawan Tahun Ajaran 2012/2013. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. Vol 2 (4). 581.

Rohmah, R. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Blitar. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Septikasari, R. 2017. Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Bacaan Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas V Di MI Al Musthofa Belitang III. Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Konsentrasi PAI MI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Suhirman, 2015. Penerapan Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pokok Bahasan Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Siswa Kelas VI A SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul-Jember. Jurnal Pendidikan, Vol 4 (4). 195 – 206.

Sulistiyono, F. 2014. Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas I Melalui Metode Story Telling di SD N Gembongan Sentolo Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Winataputra, S.U. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Depdiknas

Diterbitkan

2022-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check