Penggunaan Media Lagu pada Pembelajaran Tematik Terhadap Kemampuan Berbahasa SDN Rejosari 01 Semarang

Penulis

  • Alvita Nanda Safitri Universutas PGRI Semarang, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-4430-1505
  • Ari Widyaningrum Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.1873

Kata Kunci:

Language Skills, Song Media, Thematic Learning.

Abstrak

The purpose of the study was to describe the use of song media in thematic learning on language skills at SDN Rejosari 01 Semarang. This type of research is descriptive qualitative research. Sources of research data came from students and teachers of class IV. The data used in the study were fourth grade teacher interviews and student interviews. Data obtained from observation, interviews, giving questionnaires to students and documentation. The analytical method used is data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the research analysis are the song media in thematic learning is used during the core learning activities. As long as the media song is played, students feel happy, interested, and enthusiastic. So that the use of song media can improve students' language skills. This is shown by the results of interviews with teachers and students. This statement is reinforced by the results of student questionnaires showing that 88% of the use of song media on language skills can be seen from the students' ability to increase vocabulary. The results obtained through a questionnaire on the use of song media in thematic learning on language skills were 24 respondents who were filled by students.

Biografi Penulis

Alvita Nanda Safitri, Universutas PGRI Semarang

Mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas PGRI Semarang

Ari Widyaningrum, Universitas PGRI Semarang

Dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas PGRI Semarang

Mei Fita Asri Untari, Universitas PGRI Semarang

Dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas PGRI Semarang

Referensi

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azhari. 2015. "Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah". Jurnal Ilmiah Didaktika, 43-60.

Bawono, Y. 2017. "Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah": Sebuah kajian. 116-125.

Daryanto, d. 2016. Media Pembelajaran . Yogyakarta: Gava Media.

Dwiyani Anggraeni, S. H. 2019. "Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini". Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 404-415.

Ekasanti, N. 2021. "Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Mufradat DI Tingkat Madrasah Aliyah". JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(5), 712-728.

Handayati, W., Syahrul, R., & Afnita, A. 2013. "Keefektifan Penggunaan Media Lagu dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IX 1 SMPN 5 Lubuk Basung". Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 226-232.

Hakim, L. 2016. "Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional". Jurnal EduTech Vol. 2, 53-64.

Jiah Tajiah, C. A. 2020. "Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi Pada Kemampuan A Di TK Al- Muawanah". Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 481-487.

Khabiburrokhman, A. K. 2020. "Analisis Gaya Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19". Jurnal Penelitian Ilmiah, 211-219.

Latifah. 2018." Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Proses Penerapan Metode Bermain Peran Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Merigi Semester I Tahun 2015/2016". Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Maryono. 2017. "Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar". Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.2, 72-89.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuning Wahyuningsih, H. M. 2019. "Penerapan Media Lagu Anak Untuk Meningkatkan Kreativitas". Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 82-95.

Pebriana, P. H. 2017. "Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia" . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 139 – 147.

Prof. Dr. Azhar Arsyad, M. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Putri, E. N. 2019. "Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Tematik". Jurnal Ilmu Pendidikan, 234-236.

Sari, E. M., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. 2016. "Meningkatkan kemampuan berbicara melalui lirik lagu". Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 36-41.

Setyawan, F. H. 2016. "Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android". Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 92-98.

Setyo Widyantoro. 2011. Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Pengalaman Berbahasa di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soegeng, A. Y. 2017. Landasan pendidikan. Yogyakarta: Magnum pustaka utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.

_______. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: alfabeta.

Susanto, Y. D. T. 2017. Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Berbicara Dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Wardani, D. A. 2018. "Analisis Lagu Anak Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 Sdn 2 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 4(01).

Yuliyana, P. 2021. "Analisis Penggunaan Media Lagu Anak Indonesia dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN 2 Ploso Tahun Pelajaran 2020/2021". (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN

Diterbitkan

2022-07-17

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check