Pelaksanaan Penilaian Keterampilan dengan Teknik Portofolio pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Sijunjung
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.1878Kata Kunci:
Elementary School, Portfolio, Skills.Abstrak
Referensi
Arifin, z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Creswell, J. W. (2008). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Edisi Ketiga . Bandung: Pustaka Belajar.
Darmawan, D. (2019). Kendala Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Portofolio Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9), 1689–1699.
Fazilla, S., & Marisa, R. (2016). Pengembangan Kemampuan Guru Dalam Melakukan Penilaian Portofolio Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15 (3). https://doi.org/10.17509/jpp.v15i3.1416
Ilmi, N., Handoko, E., & Zelda, B. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 5 (1), 57–62.
Kuntarto, E., & Gustina, R. (2019). Pelaksanaan Penilaian Portofolio Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 190–200. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8437
Lius, C. R., Witri, G., & Putra, J. A. (2019). Studi Pendahuluan Pengembangan Instrumen Keterampilan Guru dalam Penilaian Portofolio Mata Pelajaran SBdP. … Nasional Pendidikan Guru …, 55–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/psn.v1i1.7778 STUDI
Nahak, R., & Benu, A. Y. (2021). Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar Tematik Berbasis Active Learning dengan Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (3).
Subakti, H., Haddar, G. Al, & Orin, E. A. (2021). Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5), 3186–3195. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1300
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sdn 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11 (1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905
Zalsalina, R., Palupi, G., & Riyaningsih, D. (2020). Penilaian Keterampilan Abad Ke-21. Prosiding Seminar Nasional V 2019, 340–346.
Masnur, M. (2010). Penilaian berbasis kelas dan Kompetensi. Yogyakarta: Diva Press.
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Gaung.
Pramono. (2014). Panduan Penilaian Kegiatan Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.
Yus, A. (2006). Penilaian Portofolio Untuk sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional