Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas IV SDN 151 Kadeppe Kabupaten Enrekang

Penulis

  • Nurdia Nurdia SD Negeri 151 Kadeppe, Kabupaten Enrekang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i1.201

Kata Kunci:

learning outcomes, realistic mathematics

Abstrak

Abstract. This study aims to determine the improvement of mathematics learning outcomes on the subject of fractions through a realistic mathematical approach to fourth grade students of SD Negeri 151 Kadeppe, Enrekang Regency and increase the activeness of students in the learning process through realistic mathematical approaches. The method used is classroom action research with two cycles. The results showed that the results of learning mathematics in the Principles of Fractions of Students in Grade IV of SD Negeri 151 Kadeppe, Enrekang Regency after using a realistic mathematics learning approach had increased. Based on the results of this study the authors recommend to classroom teachers that a realistic mathematical approach can be used as an alternative in implementing mathematics learning in schools and the application of realistic mathematics is needed good planning in order to run effectively.

Referensi

Bumulo, Husain 2005. Matematika untuk Ekonomi dan aplikasinya. Bayu media. Malang.

Ibrahim, Muslimin. Dkk. 2005 Pembelajaran Kooperatif Universitas Negeri Surabaya Pusat Sains dan Matematika Sekolah: PT. UNESA

Djaali.1991.Konsep dan Strategi Pengajaran Matematika disekolah dasar dalam rangka Peningkatan Kualitas SDM. Jurnal Alumni. Vol.1 No. 01. hal 9-18.

Haling. 2004. Belajar pembelajaran (Suatu Ringkasan). Makassar Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNM.

Hudojo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: PT. IKIP MALANG.

Hudoyo, Herman.2002. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang;Universitas Negeri Malang (UM).

Muhkal, Mappaita. 1998. Pengaruh Konsep Diri Matematika dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMU Kotamadya Ujung Pandang. Laporan Hasil Penelitian. Ujung Pandang: FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Semiawan, Conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendikan Prasekolah dan SD). Jakarta: PT. Prenhallindo

Slameto,1987, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya,Jakarta:Bina Aksara.

Sudjana, Nana.1989.Dasar-dasar proses belajar mengajar.Bandung:Sinar Algensudo.

Suharta.2004.Matematika realistik: Apa dan bagaimana?. (tersedia pada http://www.depdiknas.go.id./jurnal/38/Matematika%20Realistik.htm.) Diakses Tahun 2003.

Suherman,Erman.Dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung;UPI.

Tiro, Arif. 1995. Pengajaran IPA dan Matematika pada Kelas-Kelas Pemula Sekolah Dasar di Sulawesi Selatan. Ujung pandang.

Upu, Hamsah.2004, (Makalah) Mensinergikan pendidikan matematika dengan bidang lain. Makassar; Pustaka Ramadhan.

Tim Redaksi Fukasmedia, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (Nomor 20 Tahun 2003), Bandung: Fukasmedia.

Diterbitkan

2018-10-03

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check