Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Subtema 3
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i4.2108Kata Kunci:
Learning outcomes, Problem Based Learning, Video Animation media.Abstrak
Referensi
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8
Dewi, N. M. J., Putra, D. K. N. S., & Nymn Ganing. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Depok: AR-RUZZ MEDIA.
Fauzia, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary PGSD, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.36418/glosains.v2i2.21
Hanifah, M., & Indarini, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.
Hapnita, W. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: UNP Press
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan. 924–932.
Nasral, & Meliandika, R. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN I Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 672–683.
Ramdani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka.
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar (1st ed.). Depok: Rajawali pers.
Selfiana, D., Nurfalah, E., & Wiratsiwi, W. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Bulat Melalui Model. IV, 439–447.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Depok: AR-RUZZ MEDIA.
Widyaningrum, A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA di Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 154–166.