Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pudakpayung 02 di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2111Kata Kunci:
Character, Environmental Care, New NormalAbstrak
Referensi
Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan karakter anak untuk peduli lingkungan yang ada di sekolah adiwiyata mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), 123-133.
Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3r (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran Ips Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 39-51.
Badan Pusat Statistik. (2014). Indikator Perilaku Peduli Lingkungan Hidup 2014. Jakarta: BPS.
Bramasta, D. B. (2020). “Mengenal Apa Itu New Normal di Tengah Pandemi Coronaâ€. Kompas.
Cahyaningsih, N. A. F. (2020). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Di MTs Negeri 2 Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Efendi, N., Barkara, R. S., & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4 (2), 62.
Farida, A. N. (2021). “3R (Reduce, Reuse, Recycle)â€. Kompasiana.
Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1 (1), 21-29.
Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4 (2), 121-126.
Martiningsih, R. R. (2018). “Rumah Belajar Sebagai Media Pendidikan Karakterâ€. Pena Belajar Kemdikbud.
Moloeng, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen (Nomor 14 Tahun 2005). Jakarta: Penulis.
Presiden Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Nomor 32 Tahun 2009). Jakarta: Penulis.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3 (1), 8-19.
Saptoyo, R. D. A. (2021). “Data Terbaru BNPB: 763 Bencana Terjadi Sepanjang 2021â€. Kompas.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.