Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pudakpayung 02 di Era New Normal

Penulis

  • Titik Kurnia Sari Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi Purwadi Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedowi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2111

Kata Kunci:

Character, Environmental Care, New Normal

Abstrak

The background of this research is how to build environmental care characters in fifth grade students of SD Negeri Pudakpayung 02 in the new normal era, and the obstacles to building environmental care characters in fifth grade students of SD Negeri Pudakpayung 02 in the new normal era. This research uses a qualitative research type. The data collection procedure was carried out using observation, interview, and documentation techniques. The results of this study are the efforts made by teachers to build environmental care characters in fifth grade students in the new normal era, namely using habituation patterns through Control Book, teaching patterns through illustrated materials and media related to the environment, and program SUSU (Sak Uwong Sak Uwit).

Biografi Penulis

Titik Kurnia Sari, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD FIP Universitas PGRI Semarang.

Purwadi Purwadi, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

Sunan Baedowi, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

Referensi

Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan karakter anak untuk peduli lingkungan yang ada di sekolah adiwiyata mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), 123-133.

Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3r (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran Ips Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 39-51.

Badan Pusat Statistik. (2014). Indikator Perilaku Peduli Lingkungan Hidup 2014. Jakarta: BPS.

Bramasta, D. B. (2020). “Mengenal Apa Itu New Normal di Tengah Pandemi Coronaâ€. Kompas.

Cahyaningsih, N. A. F. (2020). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Di MTs Negeri 2 Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Efendi, N., Barkara, R. S., & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4 (2), 62.

Farida, A. N. (2021). “3R (Reduce, Reuse, Recycle)â€. Kompasiana.

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1 (1), 21-29.

Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4 (2), 121-126.

Martiningsih, R. R. (2018). “Rumah Belajar Sebagai Media Pendidikan Karakterâ€. Pena Belajar Kemdikbud.

Moloeng, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen (Nomor 14 Tahun 2005). Jakarta: Penulis.

Presiden Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Nomor 32 Tahun 2009). Jakarta: Penulis.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3 (1), 8-19.

Saptoyo, R. D. A. (2021). “Data Terbaru BNPB: 763 Bencana Terjadi Sepanjang 2021â€. Kompas.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

Articles