Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perubahan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas IV SD Islam Siti Sulaechah 2 Sriwulan Sayung Demak Tahun Ajaran 2022

Penulis

  • Dianti Widiastuti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Diana Endah Handayani Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Kiswoyo Kiswoyo Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2237

Kata Kunci:

Gadgets, Student, Study.

Abstrak

The background that drives this research is that due to the habit of daring to study using gadgets during a pandemic, it is found that the impact of gadgets on changes in fourth grade study habits. This study uses an approach, using a descriptive method. The data in this study were obtained through the distribution of questionnaires, interviews and documentation. The results of the questionnaire analysis on students' use of gadgets showed that the percentage of answers was always 38%, often 6%, sometimes 19% and never 36%. And in the habit of student learning questionnaires, the percentage of answers always showed that 27% answered always, 9% answered often, 20% answered sometimes, and 44% answered never. It was concluded that there was an impact of using gadgets on changes in students' study habits. The data in this study were obtained through the distribution of questionnaires, interviews and documentation.

Biografi Penulis

Dianti Widiastuti, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang

Diana Endah Handayani, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD Universitas PGRI Semarang

Kiswoyo Kiswoyo, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD Universitas PGRI Semarang

Referensi

Abdul Rohman MS. Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran Matematika Di Gugus V Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tahun Ajaran 2011/2021. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Amri dkk. Dampak penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi anak sekolah dasar pada situasi pandemi covid-19. Jurnal pendidikan dasar, vo.2 no.2 desember 2020, p-ISSN 2685-7642, e-ISSN 2685-8207.

Arif Rifan Hidayat, Erfian Junianto. Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya Dengan Metode TAM. Jurnal Informatika, Vol.4 No.2 September 2017, pp. 163-173, ISSN:2355-6579, E-ISSN:2528-2247.

Arikunto, Suharsimi. 2014 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bakar. I.P.S. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Tamalanrea II Makassar. Al Ghazali. International Journal Of Educational Research, Volume 3, Issue 1, Oktober 2020. ISSN: P. 2623-0259, E. 2655-204X.

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis Dan Metodologis Ke Arah Penggunaan Model Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cruikshank. (2015). Halaqoh Nasional dan Seminar Internasional Pendidikan Islam. Surabaya: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel.

Degang.1991. Karakteristik Belajar Mahasiswa Berbagai Perguruan B.Tinggi di Indonesia. Jakarta: depdikbud dirjen dikti proyek pengembangan pusat fasilitas bersama antar universitas/IUC.

Dian Kurniawati. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halaman 79-84.

Fathurrohman, Muhammad. (2017). Belajar & Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Swara. Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Edisis Revisi.

Harahap. R.S. dkk. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. KIP Unsyah Volume 3 Nomor 1, 199-126. Januari 2018.

Ivan Mahendra. 2021. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Warga Negara Pada Remaja Desa Jadimulya Cirebon (Studi Deskriptif Di RW 06 Desa Jadimulya Kecamatan Gunung Jati). Skripsi.Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan : Bandung.

Widiawati,I., Sugiman, H., & Edy. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur. http://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads/2014/05/ARTIKELIIS. Pdf. Diakses 12 September 2014.

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check