Implementasi Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi pada Siswa Kelas III SD Inpres Kajenjeng di Era Pandemic Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2258Kata Kunci:
3T, Literacy, Pandemic, Teaching Campus.Abstrak
Referensi
Aliyah, dkk. 2019. Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), Vol. 2 No. 2.
Astuti, Ekowati dkk. 2019. Literasi Numerasi di SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, Vo. 1 No.1.
Bafadal Ibrahim. 2003. Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Dasmita. 2014. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Elkhafaifi, H. 2005. Listening comprehension and anxiety in the Arabic language classroom. The modern language journal, Vol. 89, No. 2.
Haryadi Didik Santoso. 2020. Covid-19 Dalam Ragam Perspektif. Yogyakarta: MBridge Press
Hendrawan, dkk. 2017. Kajian Aplikatif Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Pedagogi Kritis. ELSE: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol 1 No. 2
Henny Subandiyah. 2017. Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya.
Karwati Euis dan Danni Juni Priansa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Khaldiesh, S. 2020. Learning Strategiesand Writing Processes of Proficient vs. Less-profient Learners of Arabic. Foreign language annals, Vol. 33, No. 5
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. 2019. Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMTIKA Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4 No.1
Mulyasa. 2006. Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenanggkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. 2019. Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4 No. 1, https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Ni Nyoman Padmadewi dan Luh Putu Artini. Literasi di Sekolah Dari Teori ke Praktik. (Bali: NILACAKRA, 2018). Hal. 33.
Novitasari, D. 2016. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, Vol.2 No.2, https://doi.org/10.248553/fbc.2.2.8-18
Savitri, D. I. 2020. Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 Dan Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2.
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. 2020. Merdeka Belajar:Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I.
Siregar, dkk. 2020 Konsep Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah Journal of Islamic Education, Vol 1 No.1.
Suhartoyo, dkk. 2020. Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JPM), Vol.1 No.13.