Pengembangan Media Komik Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2274Kata Kunci:
ADDIE, Animal Life Cycle, Problem Based Learning.Abstrak
Referensi
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3 (1), 1-10.
Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, w., & Taufik. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal Social Sciences, 1 (2), 22-34.
Ariesta, F. W. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (1), 22-33.
Ariskasari, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Solving pada Materi Vektor. Jurnal Matematika, 2 (3), 249-258.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Aslizar. (2017). Hafal Mahir Materi IPA SD/MI 4,5,6. Jakarta: PT Grasindo.
Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital dalam Pembelajaran IPS Sebagai Pengetahuan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development, 9 (3), 543-554.
Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. 3 (1), 35-43.
Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1 (1), 17-26.
Fauzan, & Lubis, M. A. (2020). Perencanaan Media Pembelajaran di SD/MI. Kencana: PRENADA MEDIA GROUP.
Hadist, A. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (1), 40-47.
Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: PT.Luxima Metro Media.
Khasanah, N., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). Pengembanagn Media Komik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 2 (1), 25-35.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.
Lailiyah, F., & Istianah, F. (2020). Pengembangan Media Komik Siklus Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (1), 1-11.
Laksmi, A. L., & Suniasih, W. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 56.
Lubis, M. A., Bungana, R., & Setiawan, D. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V MIN Medan Sunggal. Jurnal Tematik, 8 (3), 238-244.
Netriwati, & Lena, M. S. (2018). Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Permata Net.
Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (4), 369-379.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.
Pratama, Y. A. (2018). Media Komik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Sukabumi Bandar Lampung. Jurnal Mudarrisuna, 8 (2), 347-371.
Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. (2018). Pengembangan Media Komik Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 5 (1), 79-90.
Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan, 4 (1), 25-36.
Rahman, H. (2019). Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Depok: Ar-Ruzz Media.
Ramadhani, S. P. (2019). Konsep Dasar IPA. Depok: Yayasan Yiesa Rich.
Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar, 2 (1), 14-18.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 103-114.
Ummah, L. R., & Istianah, F. (2021). Pengembangan Media Komik Webtoon Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (6), 114-120.
Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. 6 (1), 80-91.
Wicaksono, A. G., Jumanto, & Irmande, O. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10 (2), 216-226.